Sunday, December 23, 2012

Omelet Bayam + Ikan Patin


Long weekend! Hmm, kalau dulu waktu masih lajang, pasti saya langsung berburu tiket untuk mudik ke tempat kelahiran saya Jogja. Tapi, sejak menikah 2.5 tahun lalu dan kelahiran si kecil 1.5 tahun lalu, saya jadi ga selincah dulu lagi. Tapi, itu bukan berarti saya tidak menikmati liburan ya… Liburan tetap menyenangkan, hanya aktivitasnya saja yang berubah; menjadi full time mother and wife :D [senyum lebar manandakan kalau ini super menyenangkan]. OK, jadi seperti yang teman-teman tahu, akhir Desember ini kan banyak tanggal merah dan cuti bersama… Dan karena cuti saya dan suami tidak mencukupi untuk lalu lalang Tanjung Enim – Jogja – Probolinggo; akhirnya kami memilih untuk stay di rumah.

Sore ini, mumpung lagi libur, sebenarnya saya sudah berencana untuk bikin masakan spesial buat Ganesh, jadi saya sengaja menyuruh pengasuh untuk menyiapkan nasi tim untuk makan siang saja. Tapi ternyata suami punya agenda sendiri, dia mengajak kami jalan-jalan ke keluar untuk mencari kipas angin yang memang sudah rusak karena alasan lifetime [meminjam istilah di kantor]. Jadilah saya berubah haluan dan meminta pengasuh memasak pindang ikan patin dan nasi tim dengan slow cooker untuk Ganesh, saya pikir, nanti kalau pulangnya terlalu sore, sudah ada makanan darurat untuk Ganesh.

Resep Asli "Omelet Bayam"

Ternyata, kami sampai di rumah sekitar pukul 16.00 dan saya masih punya kesempatan untuk masak… Hmm, pindang ikan patin bisa dimodifikasi jadi apa ya? Lalu saya teringat buku yang baru saja saya beli; “Buku Pintar Menu Balita 30 Hari” yang salah satu menunya adalah Omelet Bayam; aha! Campur aja dengan ikan patinnya! Dan akhirnya jadilah resep modifikasi Omelet Bayam + Ikan Patin. Begini Resepnya:


PINDANG IKAN PATIN

Bahan:
1 potong ikan patin

Bumbu:
Bawang merah
Bawang putih
Jahe
Daun sereh
Daun salam
Lengkuas
Merica
Kunyit
Sedikit garam

Cara membuat:
Cara membuat masakan pindang cukup sederhana; cukup iris-iris semua bumbu dan rebus bersama ikan patin dan garam. Untuk alasan kepraktisan bisa menggunakan slow cooker atau bisa juga direbus dengan menggunakan kompor seperti biasa.

Omelet Bayam
Telat Fotonya, Tinggal Tersisa Beberapa Potong :D

OMELET BAYAM + IKAN PATIN

Bahan:
1 butir telur ayam kampung
Bayam [cincang]
Seledri [iris halus]
Daun bawang [iris halus]
Keju cheddar parut
Ikan patin masak pindang [cincang]

Cara membuat:
Kocok telur, campurkan dengan semua bahan hingga menyatu sempurna. Panaskan margarine, kemudian goreng adonan omelet dengan api kecil dan tutup agar bagian atas omelet ikut mengental dan saat dibalik tidak lepas. Masak hingga matang.

Saran penyajian:
Potong dadu kecil omelet sehingga praktis saat diberikan bersama nasi. Kuah pindang bisa digunakan sebagai kuah.

Sederhana bukan cara masaknya, dan yang lebih penting rasanya gurih sekali sehingga disukai anak-anak suka :D. Untuk nutrisi juga cukup berisi; ada protein dari telur, ikan patin dan keju; ada vitamin C, E & K, betakaroten, mangan, seng, selenium, falvonoid* dan zeaxantin**

Hmm, gimana? Berminat untuk mencoba?

With Love,
Nian Astiningrum
-end-
Note:
*flavonoid: sebuah phytonutrisi yang memiliki anti kanker di dalamnya.
**zeaxantin: mampu melindungi sel lensa manusia dari paparan sinar UV, yang merupakan penyebab utama terjadinya penyakit katarak.

Reading:
Apriadji, Wied Harry. 2012. Buku Pintar Menu Balita 30 Hari. Jakarta: Pustaka Bunda.

Melindacare. 2012. Manfaat Bayam Bagi Kesehatan. http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1897_Manfaat-Bayam-Bagi-Kesehatan-. Diakses tanggal 23 Desember 2012.


2 comments:

  1. kliling-kliling malah nyasar k blognya mbak, heheee...
    mau dong mbak omelet bayamny..sluurppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. tahun baruan bukannya keluar malah browsing.. haha :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...