Friday, January 4, 2013

New "Warm" and "Fresh" Blog Look

Walaupun design saya masih kelas pengumuman yang ditempel di kantor atau presentasi yang belum tentu sebulan sekali, tapi memadu padankan warna dan bentuk merupakan salah satu hal yang sangat menarik buat saya. Sampai-sampai nih, kalau boleh buka kartu sedikit, terkadang begitu dapat order design undangan atau pengumuman untuk acara kantor, langsung deh saya betah duduk berjam-jam googling gambar, background atau font untuk keperluan itu… dan maaf, terkadang pekerjaan yang lain digeser ke samping arena permainan mouse saya :D.

Mulai dari situ, saya naik kelas dikit deh dengan mulai obsesif mengutak-atik blog saya yang saya buat Bulan Februari 2012 lalu. Dulu, saya cukup puas dengan template standard yang dimodifikasi seadanya; tapi pada saat saya mulai suka buka-buka blog teman, rasanya kok blog saya keliatan biasa banget ya… Hmm, dari situ timbullah keinginan untuk merenovasi dua blog saya.

Buku Tutorial Blogger yang Sempat Saya Baca :D

Perjalanan merenovasi blog ini tidak berjalan dengan smooth ya… Bermalam-malam bergadang; karena memang waktunya cuma pada saat Ganesh tidur; untuk googling ke website-website tutorial untuk meng-costumize blogger. Hmm, hasilnya tidak terlalu memuaskan, setelah dicoba-coba ternyata hasilnya belum seperti yang saya harapkan; dan akhirnya saya membeli beberapa buku tutorial blogger costumizing. Beberapa hari mencoba menekuni buku demi buku dibarengi dengan praktek, ternyata saya belum menemukan titik terang; akhirnya saya kembali ke metode lama; yaitu googling!

Dan mulailah saya mencari inspirasi dengan googling blog-blog yang menarik menurut saya, dan ternyata di luar sana ada banyak blog-blog yang eye catchy sekaligus memberikan tips and trick modifikasi blog. Berikut blog-blog yang sangat membantu saya:
Blog Design By Dani: http://www.blogdesignsbydani.com/
A Black Bird’s Epiphany: http://www.ablackbirdsepiphany.co.uk/

Dari blog Shintaries saya menemukan website http://design-seeds.com/ yang sangat membantu saya menemukan rangkaian warna yang sesuai dengan mood blog yang ingin saya buat. Sempat trial and error memilih warna sesuai pallete yang saya pilih, sampai akhirnya saya menemukan plugin keren untuk FireFox bernama ColorZilla yang membantu saya menemukan kode atau kombinasi RGB yang pas untuk warna yang saya temukan di halaman FireFox yang sedang saya buka (keren kan! Thanks to Kevin & Amanda untuk tutorialnya). Alhasil, setelah menemukan website design-seeds dan ColorZilla, saya merasa bebas merealisasikan imajinasi saya tentang padu padan warna :D


STEP ONE. Langkah pertama yang saya lakukan adalah menentukan mood yang saya inginkan untuk blog saya. Setelah itu, saya mencari pallete-pallete yang pas di design-seeds. Untuk blog pertama saya ingin menampilkan mood yang hangat karena blog “Lemon Juice Story” sifatnya lebih personal dan intim; karena itu saya memilih kombinasi sekitar warna pink sebagai berikut sebagai background:
  
Berry Brights by design-seeds

Mushroomed Tones by design-seeds

Sedangkan untuk blog profesional saya, “Teropong Bintang” saya ingin menampilkan kesan fresh, untuk meredam kesan kaku dan ambisius yang kental dalam dunia kerja dan bisnis, sehingga saya memilih kombinasi warna hijau segar untuk background sebagai berikut:

Christmas Tones by design-seeds

Sedangkan untuk pemilihan warna font, untuk mendapatkan kontras yang pas, saya menggunakan pallete-pallete di bawah ini untuk kedua blog saya:

Unearthed Hues by design-seeds

MushroomColor by design-seeds

STEP TWO. Langkah kedua adalah membuat header untuk blog saya. Bagi saya, header ini sangat penting, karena dialah yang akan menjadi ciri khas blog kita. Dalam membuat header ini, karena belum pro, saya menggunakan program dasar saja, hehe, microsoft publisher! Hasilnya cukup memuaskan saya sebagai berikut:

Blog Header "Lemon Juice Story"

Blog Header "Teropong Bintang"

Untuk tampilan blog header ini, ada tiga elemen yang saya gunakan; yaitu warna, fonts dan gambar. Untuk fonts saya menggunakan free fonts dari blog Kevin & Amanda [http://www.kevinandamanda.com/fonts/].

STEP THREE. Langkah ketiga adalah melakukan adjusting widhths (menyesuaikan lebar halaman blog) dan menentukan page/tab serta gadget apa saja yang harus ada dalam blog saya. Page/tab yang harus ada pastinya ‘about’ untuk memberikan gambaran tentang isi blog saya; ‘contact’ dan link ke blog saya yang lain. Sedangkan untuk blog profesional saya, pastinya saya masukkan page ‘promo terbaru’ dan ‘daftar’ untuk memudahkan pembaca jika tertarik dengan bisnis yang saya tekuni. Untuk gadget sendiri saya pasti memasukkan ‘blog archive’, ‘link ke blog lain saya’, ‘about me’, ‘popular post’, ‘facebook badge’ dan link informasi tentang minuman favorit saya ‘nutrishake’. Dan lagi-lagi, untuk blog profesional saya, saya tambahkan link untuk bergabung dengan bisnis saya :D

STEP FOUR. Langkah keempat setelah kerangka blog jadi adalah mengutak-atik warna dan font blog yang ada. Untuk masalah warna, tentu saja saya menggunakan jurus andalan dengan menggunakan kreasi Jessica dalam websitenya design seeds dengan bantuan ColorZilla untuk mengidentifikasi kode warna yang akurat (blogger menggunakan kode warna RGB/Red Green Blue).

STEP FIVE. Langkah terakhir yang saya lakukan tentunya adalah finishing touch; mengamati kembali hasil akhir tampilan blog, menyesuaikan urutan gadget, memodifikasi template HTML atau dengan add CSS untuk meningkatkan copyright blog saya dengan tidak mengijinkan copy-paste dan klik kanan. Untuk kedua trik terakhir saya dapatkan dengan googling ke http://www.beinggeeks.com/2009/02/how-to-disable-right-click-in-blogger-blogspot.html dan http://palingkomplet.blogspot.com/2012/03/cara-disable-copy-paste-di-blogspot.html. Hehe, sebenarnya tulisan saya mungkin bukan sesuatu yang memiliki tingkat orisinalitas tinggi sih, hanya saja saya kurang sependapat dengan tindakan copy-paste karya orang lain tanpa menyertakan sumbernya :D

Well, at last… inilah hasil kerja keras saya, my new ‘warm’ and ‘fresh’ blog. Untuk saat ini, saya cukup puas dengan hasil keringat saya… Bagaimana menurut teman-teman sendiri?

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

2 comments:

  1. Woo..pantes blognya keren..designnya ga main2 bo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah.. ada yang nyasar sampe sini.. hihi :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...