Monday, February 4, 2013

Calibre Ebook Management

Mengoleksi buku dalam bentuk softcopy alias ebook bukan hal yang baru saya lakukan, tapi baru sebulan terakhir ini saya mulai rajin mengumpulkan berbagai macam bacaan dalam format ini. Awalnya sih, sebenarnya bukan sengaja mengumpulkan, tapi seringkali pada saat mengerjakan suatu ‘proyek’, saya googling untuk mencari tambahan referensi, dari situlah saya menemukan berbagai macam bacaan dalam format ebook.

Pada saat kuliah tahun 2003 sd 2007, mencari referensi dari internet merupakan solusi untuk mengerjakan tugas-tugas saya; mulai dari berbagai macam paper hingga skripsi. Alasan saya suka mencari referensi dari internet adalah karena prosesnya lebih simpel daripada pergi ke berbagai perpustakaan dan mengubek-ubek koleksi mereka dengan tambahan resiko, buku sedang dipinjam dan sebagainya; mengetik kata kunci dan menekan ‘enter’ tentu jauh lebih mudah :D, apalagi kampus saya saat itu berlangganan EBSCO. EBSCO adalah penyedia layanan database untuk referensi digital, sehingga tidak sulit mencari dan menyimpan berbagai macam jurnal ilmiah untuk keperluan saya waktu itu.

Pasca lulus pada Bulan Agustus 2007, intensitas mencari referensi digital jauh berkurang, karena memang setelah bekerja ‘proyek-proyek’ yang berbau ilmiah sangat jarang dilakukan. Sampai pada akhir tahun 2012 lalu saya mulai menyadari bahwa jarak saya dengan dunia ilmiah terutama Psikologi mulai melebar terlalu jauh. Saya merasa kurang update dengan isu-isu Psikologis terkini dan bahkan ternyata pengetahuan yang saya dapat sebelumnya mulai terasa sulit dipanggil :(. Hal berbau Psikologi (terutama klinis dan perkembangan) tetap merupakan passion saya dan pada saat saya mulai merasa ‘gagap’ untuk memberikan analisa psikologis pada saat mengamati perkembangan Ganesh atau melihat permasalahan di sekitar saya, rasanya sungguh tidak menyenangkan. Itulah alasan kenapa saya mulai rajin membuat tulisan Psikologis saya terhadap berbagai hal yang menarik di sekitar saya (terutama tentang Ganesh). Dan dari sanalah saya mulai aktif mencari berbagai referensi ilmiah… Yah, walaupun bukan untuk konsumsi ilmiah, tapi paling tidak aura ke-Psikologi-an saya tetap bersinar, hahaha :D.

Dalam proses penyelesaian proyek-proyek kecil saya itulah tanpa sadar mulai mengoleksi berbagai macam ebook, yang tentu saja sebagian besar berbau Psikologi. Dan ternyata lama-kelamaan saya jadi lebih menyukai buku dalam format ini karena dua hal:
  1. Efisien dalam hal penggunaan waktu membaca, karena saya bisa menggunakan fasilitas search; sehingga saat ini saya lebih menyukai format ebook untuk jenis buku-buku referensi.
  2. Earth friendly; pastinya karena buku ini tidak menggunakan kertas, sehingga mengurangi penebangan pohon untuk membuat kertas kan :D

Seiring bertambahnya koleksi, saya mulai berinisiatif mengorganisasi ebook-ebook ini dengan cara sederhana; yaitu menggunakan folder. Sampai pada suatu saat, saya sendang browsing-browsing referensi, malah saya nyangkut ke sebuah artikel tentang aplikasi ebook management. Hmm, baru ngeh nih kalau ada aplikasi semacam itu, jadi saya mulai mencari aplikasi ebook management yang bagus… dan sampailah saya pada Calibre.

Calibre Ebook Management


Dengan freeware ini, kita bisa mengorganisasi file-file ebook kita sehingga lebih mudah ditemukan. Prinsip organizing-nya sebenarnya hanya dua; yaitu membantu mengumpulkan informasi mengenai buku dan menampilkan informasi tersebut dalam view yang mudah digunakan.

Untuk dapat mengorganisasi ebook kita dengan Calibre, kita cukup menambahkan buku kita ke dalam Calibre Library dengan tombol “Add Book”. Selanjutnya kita bisa memanfaatkan fitur “Edit metadata” untuk mencari dan men-download informasi mengenai buku. Jadi jika kita memiliki ebook yang datanya belum lengkap, kita hanya perlu memasukkan keyword yaitu judul buku serta penulis (optional), selanjutnya Calibre secara otomatis akan menghubungkan diri dengan database google dan amazon untuk mencari data tentang buku, sehingga didapatkan data yang lebih lengkap; yaitu judul, penulis, cover, summary, penerbit, dsb. Selanjutnya, kita cukup memilih data sumber mana yang paling tepat untuk ebook kita dan kita simpan, that simple! Sangat membantu bukan?


Fitur Menambahkan Info Buku: Edit Metadata Calibre

Inside Fitur Edit Metadata Calibre

Selanjutnya, data ini akan ditampilkan terorganisasi dalam berbagai kategori penulis, bahasa, seri, format, penulis, dsb; sehingga mempermudah kita untuk mencari ebook yang kita inginkan, sebagai berikut:
 

Halaman Depan Calibre

Bagaimana menurut teman-teman? Sangat membantu bukan? Selain itu, menurut saya pribadi, adanya Calibre Ebook Management ini membuat saya semakin bersemangat untuk menambah koleksi ebook pribadi, karena dengan aplikasi ini ebook koleksi saya terlihat rapi dan menyenangkan untuk dilihat :D

So, mulai tertarik untuk mengoleksi ebook juga?

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...