Tuesday, June 11, 2013

Tim Nasi Tahu Telur Keju

Beberapa hari yang lalu saat saya berbelanja buku secara online, tanpa banyak pertimbangan saya menyelipkan sebuah buku resep masakan berjudul “Makanan Lezat Serba Kukus” karangan Tuti Soenardi. Alasannya sederhana saja, karena selama ini saya setuju dengan pendapat bahwa teknik memasak yang paling sehat dan menjaga kandungan nutrisi bahan makanan adalah dengan mengukus; karena otomatis lebih rendah kolesterol dari minyak yang dipanaskan serta meminimalisir nutrisi yang larut dan terbuang bersama air. Pada saat memutuskan membeli buku itu, sempat terlintas juga keinginan menambah katalog resep masakan untuk Ganesh yang selama ini didominasi berbagai jenis pancake dengan berbagai bahan dasar. 
Detail
Author: TUTI SOENARDI
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Date Published: Mei 2013
Type: Soft Cover
No. of Pages: 106
Dimensions (cm): 15 x 18.5
OK, dan singkat cerita, pada saat buku itu datang, first impression, jujur tidak terlalu excited… Untuk sebuah buku yang di klaim berisi 50 resep sehat, buku ini terlihat sangat mini dan tipis! Tapi, pada saat menjelajahi isi buku ini, baru saya mengerti alasan dibalik penampilan yang minimalis ini; yup, karena memang resep-resepnya sangat sederhana baik bahan maupun langkah memasaknya. Hmm, good point, pas sekali dengan dengan aliran memasak saya selama ini; simple, cepat dan bernutrisi :D. Rasa percaya diri pun langsung terdongkrak, kayaknya bisa deh mewujudkan semua resep masakan di buku ini dengan segala keterbatasan waktu dan kemampuan saya :D.

Pagi harinya setelah buku tersebut datang, inspirasi untuk memodifikasi salah satu resep dari buku itu langsung mampir ke otak saya dan jadilah menu pagi Ganesh berikut: “Tim Nasi Tahu Telur Keju”, hasil modifikasi dari menu “Tim Telur”.
 
Kiri: Resep Asli “Tim Telur”
Kanan: Resep Modifikasi “Tim Nasi Tahu Telur Keju”
Jika pada resep asli, bahan dasar cukup menggunakan telur dan susu cair; maka dalam resep modifikasi ini saya tambahkan sedikit nasi, tahu dan potongan tomat untuk menambah energi dan nutrisi; karena ini kan sarapan, jadi harus cukup berenergi untuk melakukan aktifitas hingga siang hari.

Berikut bahan-bahan dan cara membuat “Tim Nasi Tahu Telur Keju” saya…

Bahan:
1 butir
Telur ayam kampung
1 buah
Tahu putih
Secukupnya
Susu cair / UHT
Secukupnya
Tomat cincang
Secukupnya
Keju cheddar parut
Secukupnya
Garam
Secukupnya
Merica bubuk

Cara Membuat:
  1. Kocok telur bumbui dengan garam dan merica bubuk, tambahkan sedikit susu cair.
  2. Hancurkan tahu dan campur dengan adonan telur, tambahkan tomat cincang dan keju cheddar parut.
  3. Kukus menggunakan mangkok tahan panas / stainless dengan api sedang hingga matang.
  4. Hidangkan hangat.
Sangat sederhana kan? Dan lagi-lagi sangat menghemat waktu karena sembari menunggu matang bisa sambil mandiin Ganesh :D. Soal nutrisi, tidak diragukan lagi ya… Susu, keju dan tahu jelas adalah sumber protein yang baik untuk pertumbuhan anak, sedangkan tomat adalah sumber nutrisi sebagai berikut:

Sumber: wholesomebabyfood.com

Mengenai rasa, menurut saya dan Ganesh yummy sekali! Cita rasanya gurih dan aroma sedap seperti kue panggang dari susu dan keju membuatnya semakin “sempurna”.

Selain resep tersebut, ada 49 resep sehat dan sederhana lainnya yang bisa dibuat dan dimodifikasi untuk beberapa hari ke depan. Hmm, jadi semangat untuk kembali bereksperimen nih :D
 
Berikut adalah beberapa screen shot resep-resep dalam buku tersebut:

Kiri – Kanan: Nasi Campur Kukus, Bola Daging Kukus, Sushi Isi Tuna
Bagaimana, terlihat menarik kan… Dan yang perlu dicatat sehat dan mudah dibuat ;)

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...