Thursday, August 22, 2013

Nasi Goreng Spesial :D

Sore itu, seperti biasa saya pulang sekitar pukul 16.30; tapi tidak seperti biasanya sore ini Ganesh belum makan… Kata simbah pengasuhnya, Ganesh baru bangun tidur, jadi belum makan, apalagi mandi :D. Dan benar saja, Ganesh memang masih guling-guling di tempat tidur, boro-boro diajak makan, diajak bangun saja masih malas. Sampai beberapa lama setelah Simbah pulang, saya masih belum berhasil “merayu”-nya untuk bangun; sampai dia bilang, “Mama, Ganesh mau nasi goreng!”

Hmm, Nasi Goreng… Ini adalah menu yang tergolong baru buat Ganesh. Saya perkenalkan pertama kali saat di mudik di Jogja kemarin dan beberapa kali memang Ganesh lebih memilih nasi goreng untuk menu bekal selama perjalanan. Resep Nasi Goreng Ganesh itu sederhana sekali, baik dari sisi bahan maupun pengolahan; tapi tentu saja tetap mengutamakan segi nutrisi, sesuai motto saya: “simple, cepat dan bernutrisi” :D.


Nasi Goreng Spesial Ganesh

Berikut cara membuat Nasi Goreng Spesial kami:

Bahan:
1 centong
Nasi putih
1 butir
Telur ayam kampung
3 cm
Wortel ukuran sedang
1 helai
Daun bawang
Secukupnya
Merica bubuk
Secukupnya
Garam
Secukupnya
Keju cheddar parut

Cara Membuat:
  1. Buat telur orak-arik (scrambled egg) terlebih dahulu: kocok telur, tambahkan garam dan merica secukupnya, masukkan ke dalam wajan panas dan orak-arik sampai matang, sisihkan.
  2. Iris tipis daun bawang dan tumis dengan sedikit (sekali minyak) sampai harum
  3. Setelah itu, tuangkan sekitar setengah cangkir air dan masak wortel yang sudah diiris dadu kecil sampai lunak.
  4. Masukkan merica dan garam, aduk-aduk saat air masih bersisa sedikit, kemudian masukkan nasi dan aduk-aduk kembali agar bumbu tercampur.
  5. Masukkan telur orak-arik dan keju cheddar parut, aduk-aduk sampai tercampur rata dan matang.
  6. Setelah matang, cetak dengan mangkok atau cangkir kecil, sajikan hangat.
Hmm, sangat mudah bukan membuatnya… Tentang nutrisi, juga tidak dikesampingkan. Dari nasi, kita memperoleh karbohidrat sebagai sumber energi, dari telur dan keju kita memperoleh protein sebagai zat pembangun dan dari wortel kita memperoleh vitamin sebagai zat pengatur. Secara lengkap, berikut kandungan nutrisi Nasi Goreng Spesial Ganesh:


Nutrisi dalam Telur
Sumber: wholesomebabyfood

Nutrisi dalam Wortel
Sumber: wholesomebabyfood
Nutrisi dalam KejuSumber: Cheese & Nutrition2

Kesimpulannya sih, menurut saya tidak ada alasan untuk tidak mencoba membuat makanan untuk anak kita. Karena selain membuat kita merasa lebih tenang dengan memastikan kandungan nutrisi dan kebersihan makanan itu, membuatnya pun cukup sederhana, sebagaimana quote dari komunitas MPASIRumahan bahwa “memasak untuk anak itu tidak sesulit memasak rendang” :D. So, why don’t try it ;)

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

Referensi:
  1. Wholesomebabyfood.momtastic.com
  2. Innovation Centre for US Dairy & National Dairy Council. 2011. Cheese & Nutrition. Artikel pada: http://www.nationaldairycouncil.org/SiteCollectionDocuments/education_materials/cheese/Health%20Professional%20Cheese%20Nutrition%20Brochure%20Final.pdf. Diakses tanggal 22 Agustus 2013

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...