Thursday, December 5, 2013

We Love Performing

Hmm, setelah dua hari penuh benar-benar tidak bisa beralih dari pekerjaan kantor untuk membuka jendela Microsoft Word dan menulis… Akhirnya hari ini ada sedikit waktu luang sebelum, ada deadline lain mendekat. So, saya ingin cerita sedikit tentang kegiatan kami bertiga semalam. Yes, we did some performing last night! Meskipun sedikit mengantuk, we did it great! Or at least we’re happy on that stage :D

Malam itu sebenarnya Ganesh sedang asyik nonton film nomor dua kesukaannya, ‘Finding Nemo’ (film kesukaan nomor satu masih ‘Cars’) dan saya sendiri bermalas-malasan nglungker di belakangnya sambil sesekali mengajak Ganesh ngobrol. Beberapa meter dari rumah, teman-teman saya sedang asyik bernyanyi di studio musik kantor. Oh ya, kami tinggal di komplek perumahan perusahaan, sehingga jarak kantor, rumah dan fasilitasnya relatif dekat. Beberapa kali sahabat saya mengirimkan pesan, merayu kami untuk ikut bergabung. Dan singkat cerita, setelah tarik ulur selama hampir dua jam, kami pun datang dengan bersemangat! Setelah dijanjikan bahwa keyboardisnya bisa main lagu ‘If I Ain’t Got You’-nya Alicia Keys. Ceritanya saya bosan, setiap kali ada acara semacam ini, pasti lagu yang nyambung cuma ‘Hero’-nya Mariah Carey ×_×.

OK, sampai disana, kami bertiga langsung disambut hangat oleh sahabat saya tersebut, kami duduk-duduk sebentar menikmati teman-teman yang bernyanyi, sampai akhirnya bisa naik ke panggung. Haha, jangan dibayangin panggung beneran ya, ini cuma studio musik kecil kok :D. Tapi, tidak masalah, we’re just enjoy performing. Yes, me and Ganesh together in that stage, like this


Menghayati sekali si Ganesh ya?
Tetott! Sayang sekali, dia sebenarnya sedang asyik 
mengamati kipas angin yang berputar-putar di atasnya :D
Ayo ikut nyanyi semua!
“Mama, Anesh mau liat…”
Entah mau liat apa dari atas, dan dia pun minta digendong :D

Sebagai seorang yang pernah mengalami masa-masa tidak percaya diri yang akut di depan banyak orang, saya sangat berharap Ganesh tidak akan seperti itu. Karena saya tahu sekali bahwa sebaik apapun kemampuan kita, itu akan sia-sia selama kita tidak mampu menunjukkannya pada dunia luar. “Jadi Ganesh harus jadi anak yang berani tampil ya… Jangan kaya Mama dulu :*”.

Menurut pengamatan saya sih, Ganesh memang memiliki kepribadian yang bertolak belakang dengan saya. Yah, bakat-bakat pemalunya mungkin tidak sebesar saya dulu. Bahkan menurut saya, dia sangat menikmati menjadi pusat perhatian dari banyak orang. Kadang dia justru sengaja bertingkah aneh-aneh dan sangat senang begitu orang-orang beramai-ramai merespon apa yang dilakukannya. Baguslah, jadi saya tidak perlu khawatir soal ini. Selanjutnya tinggal dibiasakan saja tampil di depan banyak orang, supaya lebih sadar bagaimana berekspresi di depan banyak orang.

Selanjutnya, bagi orang-tua yang memiliki anak pemalu, it’s OK dan tidak perlu panik. Cukup biasakan anak untuk berinteraksi dan tampil di depan banyak orang, dengan catatan yang harus digaris-bawahi, JANGAN DIPAKSA! Ikuti saja ritme anak, berikan contoh dan pengertian bahwa berinteraksi dengan banyak orang itu sama sekali tidak menakutkan. Sekali lagi, sesuai ritme anak, karena jika dipaksakan, justru akan membuat anak menjadi frustrasi. Karena meng-upgrade karakteristik kepribadian itu memang butuh kesabaran. Dan memang kita tidak akan pernah bisa dan membandingkan satu anak dengan anak yang lain, karena mereka semua unik. Yang wajib kita lakukan adalah mengoptimalkan potensi yang ada serta meminimalkan bakat yang kurang mendukung masa depan anak. Hehe, ini bukan nasehat dari seorang yang ahli di bidang perkembangan anak ya, tapi dari orang yang dulu pernah mengalami masalah kepercayaan diri sampai dengan masa remaja :D.

So, let’s performing! :D

P.S. Thanks buat Papa and Om Wandi buat fotonya :)

With Love,
Nian Astiningrum



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...