Monday, January 13, 2014

Nagasari ‘Pudding Monster’

Game Pudding Monster
© ZeptoLab UK Limited
Gambar diambil disini

Pertama kali melihat game ini berasa aneh saja dengan bentuknya yang menurut saya sama sekali tidak lucu dan ditambah suaranya yang sangar. Tapi gara-gara suami penasaran, akhirnya ter-instal-lah si Pudding Monster ini di hape saya dan menjadi salah satu games kesukaan Ganesh. Baiklah, selanjutnya saya tidak akan bercerita tentang bagaimana trik supaya Ganesh tidak terpaku dengan games di hape yang memang harus diakui sangat adiktif. Tapi saya ingin bercerita tentang Nagasari, makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan pisang yang saya modifikasi sedikit untuk menu sarapan Ganesh.

Sebagai wanita yang lumayan awam soal masak-memasak, saya pun mengadopsi resep Nagasari hasil googling dari justtryandtaste.com. Hanya saja saya skip beberapa bahan,(yaitu vanila dan tepung tapioka) karena tidak punya persediaan. Selain itu saya juga tidak menggunakan garam maupun gula pasir, namun diganti dengan keju dan pisang yang lebih banyak. Oh ya, untuk santan juga saya ganti dengan susu UHT, supaya lebih praktis dan sehat. Untuk kemasan sendiri saya menggunakan mangkuk stainles, karena kesulitan mencari daun pisang (apalagi pagi-pagi ya…:D). Dan keseluruhan resep Nagasari ala Mama Ganesh ini menjadi seperti ini:

Bahan:
2 sdm
Tepung beras
200 ml
Susu UHT plain
1 buah
Pisang (saya lebih suka pisang dengan cita rasa manis seperti pisang lilin atau pisang raja
1 helai
Daun pandan
Secukupnya
Keju cheddar parut
Secukupnya
Margarine

Cara Membuat:
1.
Campur rata tepung beras dengan kurang lebih 150 ml susu UHT, masukkan daun pandan dan masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental.
2.
Campurkan adonan dengan pisang yang telah diiris dadu kecil, keju cheddar parut dan sisa susu UHT.
3.
Olesi mangkuk stainles dengan margarine.
4.
Masukkan adonan ke dalam mangkuk dan kukus selama kurang lebih 30 menit.
5.
Angkat, keluarkan dari mangkuk, sajikan hangat.


Penampakan Nagasari Pudding Monster
Garnis menggunakan daun pandan

Nagasari ‘Alien’
Penampakan Lain si Nagasari
Garnis menggunakan daun pandan & keju

Mudah sekali bukan? Selain itu, dari sisi bahan juga pastinya penuh nutrisi, walaupun tentu saja dengan kemungkinan ada nutrisi yang rusak selama proses memasak. Nutrisi tersebut meliputi protein, lemak, kalsium serta berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu, keju dan juga pisang. Oh ya, selain itu, pisang juga mengandung folat lho… Dan perlu dicatat juga karena bahan dasarnya tepung beras, sudah pasti bebas gluten yang ada pada tepung terigu.

Rasanya gimana? Hmm, saya rasa cukup enak untuk ukuran anak usia 2 tahunan yang memang masih dibatasi dari rasa manis dan asin yang berlebihan, buktinya Ganesh suka banget :D. Dan tentu saja, as always… “simple, cepat dan bernutrisi” ;)

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

5 comments:

  1. nyemm nyemm...pasti lembut dimulut ni mak,,,,kpn2 nyoba ah....hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip tekstur Nagasari biasa sih mak.. agak padat.. Monggo dicoba kapan-kapan, bikinnya gampang banget kok.. :)

      Delete
  2. slurrppptt.....nyummieee
    salam kenal mbk^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba.. ^__^
      Salam kenal juga mak ;)
      Saya udah mampir ke blognya.. fotonya bagus-bagus euy :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...