Friday, May 23, 2014

The Origin of Liebster (Blog) Award

And the story was… beberapa hari yang lalu, mendadak teman-teman blogger banyak yang membuat tulisan dalam rangka ‘Liebster Award’. “Apa sih Liebster Blog Award, rasanya kok populer sekali”, rasa penasaran sempat terlintas dalam pikiran saya dan semakin kuat saat dua teman, Kania Ningsih dan Pipit Widya menominasikan saya. Apa saya yang masih terlalu gagap dunia per-blogger-an ya, sampai kurang nyambung diajak ngomongin soal ‘Liebster Blog Award’ ini :D. Karena penasaran, jadilah saya browsing kesana-kesini. Saya pikir sih akan ada banyak sumber valid yang menjelaskan mengenai asal-usul ‘Liebster Award’, tapi ternyata saya salah! Melalui bantuan google, saya hanya menemukan berbagai blog yang menerima ‘Liebster Award’ dari rekan sesama blogger. Nah, jadi apakah sebenarnya ‘Liebster Award’ ini? Semacam misteri saja :D.

Jujur, saya tidak menemukan sumber referensi yang benar-benar valid, tapi rasanya penjelasan di blog ini cukup menjelaskan apa itu ‘Liebster Award’. Sama halnya dengan saya, pemiliki blog ini pun mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai blog dan menemukan fakta mengenai ‘Liebster Award’ sebagai berikut:
  1. Award ini hanya ada di internet dan diberikan kepada seorang blogger kepada blogger yang lain.
  2. ‘Liebster’ sendiri berasal dari Bahasa Jerman yang memiliki beberapa definisi, yaitu: tersayang, termanis, paling ramah, paling baik, tercinta, indah, baik, berharga, lucu, menawan, diterima, kekasih.
  3. Prinsipnya seperti surat berantai, dimana award ini harus diteruskan kepada sejumlah orang tertentu.
  4. Sebagai penerima, kita bisa memilih untuk menerima atau menolak dan tidak meneruskan award ini.
  5. Selain ‘Liebster Award’ terdapat beberapa award serupa, seperti ‘One Lovely Blog Award’, ‘Sunshine Blog Award’ dan ‘Versatile Writer Award’.
Itulah informasi yang saya dapatkan melalui internet. Nah, selanjutnya apakah kita akan berpartisipasi pada ‘Liebster Award’ ini atau tidak tergantung masing-masing blogger. Kalau saya pribadi sih, award ini terasa seperti rekognisi blogger lain akan blog kita. Seperti sebuah medali persahabatan yang perlu diteruskan kepada blogger lain untuk menjalin persahabatan yang lebih erat dan luas (pendapat pribadi :D). Jadi, ya… saya terima award-nya, terima-kasih untuk Kania Ningsih dan Pipit Widya yang sudah memberikan award ini pada saya. Benar-benar tidak menyangka, karena kita bahkan belum pernah bertemu sebelumnya, interaksi juga sebatas komentar-komentar melalui Facebook dan blog, tapi beliau ini mau meneruskan estafet award ini pada saya :). 

Dan berikut adalah peraturan untuk mengikuti ‘Liebster Award’ ini:
  1. Membuat postingan tentang award ini di blog (done!)
  2. Mengucapkan terima-kasih kepada blogger yang memberikan award ini dan menyertakan backlink ke blognya (done!).
  3. Share 11 hal tentang diri kita (right after this).
  4. Menjawab 11 pertanyaan yang diberikan kepada kita (right after this).
  5. Memilih 11 blogger untuk menerima award ini dan memberikan 11 pertanyaan tentang hal yang ingin kita ketahui dari mereka (right after this).
Untuk tugas ketiga, berikut adalah 11 hal tentang diri saya:
  1. Saya adalah seorang family women meskipun berstatus full time worker. Keluarga adalah nomor 1, selama saya tidak melanggar profesionalitas. Ibu rumah tangga adalah karir utama saya.
  2. Saya memiliki passion di bidang desain dan walaupun belum teruji dan selama ini hanya digunakan untuk memuaskan obsesi pribadi serta membantu kegiatan di kantor, saya selalu memikirkan bagaimana supaya bisa lebih expert di bidang ini.
  3. Saya menyukai hal baru dan hal-hal berbau penelitian, karena itu jangan heran jika gaya penulisan maupun isi tulisan saya tidak lepas dari dari keduanya.
  4. Saya juga sangat menyukai menulis, terkadang ide begitu cepat berdatangan di kepala, hingga terkadang sulit untuk mewujudkan semuanya karena keterbatasan waktu.
  5. Saya adalah seorang yang (sangat) perfeksionis dan terobsesi untuk menjadi diri saya sendiri, sehingga terkadang terlihat keras kepala, cerewet dan kurang peduli dengan pendapat orang lain.
  6. Saya cinta hidup sehat! Menu utama saya adalah sayur, sedangkan nasi dan lauk dalam porsi kecil. Saya terobsesi untuk melihat ingredient makanan yang akan saya dan keluarga konsumsi. Saya sangat menghindari mie instant walaupun jujur, menurut saya mie instant adalah makanan paling enak di dunia :D.
  7. Saya memiliki kecenderungan kompulsif atau terobsesi untuk mengulang-ulang melakukan suatu kegiatan yang sebenarnya tidak bermanfaat, misalnya motek kuku dan menunda-nunda waktu tidur malam. Tapi masih di batas normal dan terkendali sih. Kadang saya marah pada diri sendiri, “Gimana sih kamu Nian, ayo tidur! Besok ga bisa bangun pagi lho…”
  8. Saya adalah seorang yang perasa, mudah menangis sampai bahagia, karakteristik kepribadian biru menurut Teori Color Code. Mungkin karena itu, saya menyukai hal berbau psikologis, yang kebetulan merupakan jurusan kuliah saya di perguruan tinggi.
  9. Saya suka menyanyi! Walaupun itu cuma sekedar karaoke atau mengikuti musik yang sedang saya dengar. Menaklukkan nada-nada yang sulit dijangkau dan diikuti adalah kenikmatan tersendiri. Tapi, saya tidak bisa memainkan alat musik apapun, walaupun sangat ingin rasanya sekarang tidak ada waktu lagi untuk mulai belajar :D.
  10. Makanan favorit saya adalah ayam goreng, sejak kecil sampai sekarang tidak berubah. Karena itu, kami malah jarang masak ayam goreng, takut saya kalap :D.
  11. Saya suka makanan olahan ikan, mulai dari siomay, batagor dan pempek. Batagor favorit saya, sejak dulu masih tetap sama, yaitu di dekat SPBU perempatan dekat Masjid Kampus UGM. Setiap mudik, selalu minta adik beli kesana :D.
Mengenai 11 pertanyaan yang diajukan, saya jawab pertanyaan Mak Kania Ningsih saja ya… karena Mak Kania duluan mention saya, sementara kalau saya jawab 22 pertanyaan, nanti semakin terbongkar siapa saya ya… hihi :D. Dan berikut adalah jawaban saya: 
  1. Manfaat blogging bagi saya adalah sebagai sarana aktualisasi diri sekaligus berbagi pada sesama.
  2. Ide tulisan datang dari banyak hal, apa yang saya lihat, apa yang saya dengar, apa yang saya tahu dan bahkan apa yang saya tidak tahu. Berkaitan dengan tema sendiri, tentu saja berhubungan erat dengan minat saya pada keluarga, dunia psikologi, desain, musik dan juga social empowerment.
  3. Waktu blogging favorit adalah setelah semua deadline terpenuhi, baik pekerjaan kantor atau rumah, karena rasanya lebih leluasa.
  4. Sebenarnya kunci agar selalu bahagia adalah menyadari bahwa hidup memang adalah sebuah dinamika, dimana ada kalanya kita bahagia atau sedih. Sehingga kita selalu percaya bahwa pada saat masalah datang pun, kita memiliki keyakinan bahwa kita bisa melaluinya. Satu lagi, tetap percaya akan potensi manusia yang begitu luar biasa, yaitu pikiran. Apa yang kita rasakan tidak selalu harus sama dengan fenomena yang sedang kita alami. Kita selalu memiliki pilihan untuk bersikap atau merasa seperti apa.
  5. Orang yang selalu ada saat duka dan bahagia, pastinya suami dan orang-tua ya :).
  6. Orang yang paling saya cintai adalah suami dan kedua orang tua saya :), maaf sudah menimbang beberapa lama, tapi sulit memilih dari keduanya :D.
  7. Jika saya menjadi presiden, hal yang pertama saya lakukan adalah memilih menteri-menteri dan perangkat-perangkat pemerintahan yang kompeten secara teknik dan sikap.
  8. Jika ada seorang yang mudah patah semangat, I simply want to told him/her, “Iya, permasalahan kadang berat untuk dihadapi, tapi apa sih untungnya kita menyerah? Meskipun berat dan hasilnya pun tidak menutup kemungkinan adalah kegagalan, tapi paling tidak kita berusaha untuk kebanggaan kita sendiri, agar tidak ada penyesalan dalam hidup kita…”
  9. Masakan yang paling saya kuasai adalah nasi goreng :D.
  10. Mimpi terbesar saya adalah saat dimana saya bisa merasakan semangat berprestasi dan tetap menomorsatukan keluarga.
  11. Jika diberikan kesempatan kedua, apa yang ingin saya perbaiki dalam hidup, jawabannya adalah ‘tidak ada’. Menurut saya apapun yang sudah saya alami dalam hidup adalah hal yang menjadikan siapa saya hari ini, dengan segala kedewasaan dan kebijaksanaannya.
Selanjutnya, untuk menjaga silaturahmi and simply for fun, Liebster Award selanjutnya saya serahkan kepada: Anindita B. Subawa, Miftahul Jannah, Widya S. Sari, Fenny Ferawati, Momzhak, Nely Vergawati, Riski Fitriasari, Indah Sulistyowati, Rezka Octa Maulidia, Gracie Melia dan Putri Kurnia Nurmala. Dan pertanyaan untuk kalian adalah:
  1. Ibu seperti apa yang ideal menurut kalian?
  2. Apa pengorbanan terbesar kalian untuk mengejar sebuah mimpi?
  3. Apa arti menulis untuk kalian?
  4.  Apa yang menjadi inspirasi menulis kalian?
  5. Apa yang kalian lakukan untuk meredakan perasaan gelisah?
  6. Apa lagu favorit kalian dan mengapa kalian menyukainya?
  7. Apa alat musik favorit kalian?
  8. Siapa musisi favorit kalian?
  9. Apa usaha yang kalian lakukan untuk hidup sehat?
  10. Usaha apa yang kalian lakukan dalam rangka menjaga bumi kita yang semakin terpolusi?
  11. Usaha apa yang kalian lakukan untuk berbagi kebaikan pada lingkungan sekitar?
Hehe, baru kali ini merasa bahwa membuat pertanyaan itu lebih sulit daripada menjawabnya. Selanjutnya, pada teman-teman yang sudah saya sebutkan di atas, silakan menjawabnya. Terima-kasih sudah menerima award dari saya, dan alhamdulillah lagi kalau mau meneruskan kepada sahabat blogger lainnya.

With Love,
Nian Astiningrum
-end- 

11 comments:

  1. Terimakasih mak Nian, sudah meneruskan award ini pada dirikuh :) Saya terima dengan senang hati ples makasih tambahan infonya tentang liebster award ini. Sekilas tadi saya kira lobster *lapaaar*. Saya butuh semedi dulu nih, pertanyaannya banyak dan agak berat nih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakak.. iya, tadi juga penasaran, apaan ini Liebster Award :D
      Makasih Mak ;)

      Delete
  2. Terimakasih Mak Nian, wah saya tersanjung nih menerima Liebster Award ini.. :) InssyaAllah secepaatnya saya kerjakan.. :) *berasa lagi ujian nasional deh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. alhamdulillah dirimu menerima award pink ini Mak :D
      *khawatir ditimpuk balik :D *salam persahabatan :D

      Delete
  3. Makasih ya mak udah menyambut tongkat esafet Liebster Award dr saya.Jadi makin knal mak Nian..salut nih googling dulu ttg Liebster Award..saya jadi tau deh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah.. terbongkar deh siapa saya sebenarnya, wkwkwk :D
      Penasaran Mak apaan si Liebster ini, maklum baru 1 tqhun terakhir mulai kenalan dengan dunia blogger yg lebih luas.. makasih Mak :D

      Delete
  4. Setelah kebagian tongkat estafet ini, aku baru sadar, teman-temanku yang punya blogspot ini nggak sampe 11. *nangis di pojokkan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cup.. cup.. ya udah gapapa.. kerjain yah kalo ada waktu.. dibikin FF soal Liebter Award juga boleh, misalnya.. bertemu jodoh karena Liebster Award gitu :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. wah, makasih Nian sudah dilempar Liebster Award-nya. izin kutip soal Liebster Award juga ya. sekarang mau bikin post-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp.. makasih Dita.. salam buat Rasya :*

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...