Tuesday, September 23, 2014

Omelet Ijo yang Bikin Heboh!

Kemarin siang sewaktu istirahat, seperti biasa saya pulang ke rumah karena jarak rumah dan kantor memang cuma 5 – 10 menit. Siang itu, simbah pengasuh Ganesh dengan bersemangat bercerita, “Bu, tadi Ganesh nangis-nangis minta dibikinin makanan ijo kaya yang tadi pagi. Padahal udah saya kasih tau, saya kan ga bisa bikinnya.” Saya pun menyahut, “Walah-walah iya ya mbah,” sambil tersenyum dan berlanjut menginterogasi Ganesh dan diakhiri janji kalau besok pagi akan dibikinkan Omelet Ijo seperti pagi itu.

Dan pagi ini, sesuai janji, saya pun membuat Omelet Ijo yang bikin heboh pagi sebelumnya. And what a sureprise, haha, kali ini si Omelet menimbulkan kehebohan yang lebih seru! “Ganesh, udah mandinya… mau ke tempat Dek Sakha!” kata Ganesh yang sebelumnya masih asyik berendam sambil sarapan. Iya, seringkali untuk mempersingkat waktu, Ganesh memang sarapan sambil mandi, ehemm, berhubung mamanya harus berangkat ke kantor sebelum jam 7.30 setiap harinya :D. Dan mamanya bertekad, Ganesh harus mandi pagi setiap hari! Jadi apapun yang terjadi, bagaimanapun caranya, kecuali sedang libur atau Ganesh sedang sakit, kehebohan mandi pagi harus tetap terjadi :D

Kembali ke cerita Omelet Ijo… siangnya, saat saya pulang istirahat, simbah kembali bercerita, “Tadi udah diliatin makanan ijonya sama Sakha Bu. Sakha sampe minta dibikinin sama Wawak pengasuhnya, tapi karena saya ga tau, ya saya bilang aja yang bikin Ibu. Pas saya dateng, makanannya udah siap…” Saya pun menyahut geli, “Iya ya mbah?” Dan simbah kembali menimpali dengan bersemangat, “Iya Bu! Papanya Sakha sampe cium-cium makanannya dan nanya, apaan ini nih Mbah… Gitu Bu…” Haha, benar-benar seru bukan? Ada-ada aja polah anak-anak nih… Jangan-jangan kemarin minta dibikinin lagi itu juga karena mau dipamerin sama Sakha temennya yang sedang main ke rumah :D.

Lalu, emangnya apaan sih si Omelet Ijo yang bikin heboh dua hari ini? Hehe, sebenarnya ini nih omelet tanpa perencanaan yang dibuat karena waktu yang mepet dan ga bisa ngerjain yang ribet-ribet. Jadi, saya ambil aja sejumput bayam, tambahkan 1 butir telur dan sedikit susu UHT lalu blender bersama-sama. Dan voila! Hasilnya adalah adonan encer berwarna hijau yang setelah diberi keju parut serta merica dan dipanaskan menggunakan wajan teflon dengan api super kecil menjadi berbentuk seperti ini…


Penampakan si Omelet Ijo yang bikin heboh :D

Ehemm, bagaimana keliatannya? Kalau saya sih jujur tidak terlalu terpesona dengan penampakannya, kecuali warna hijau segarnya tentu saja. Pada percobaan kedua, berusaha menggunakan teknik berbeda, yaitu dengan mengoleskan margarine dan menggoreng si omelet dengan api yang lebih kecil, tapi hasilnya tetep ada bopeng-bopeng seperti gosong yang mengganggu :(. Tapi, ya sudahlah, meskipun bopeng-bopeng gosong, Ganesh-nya suka banget kok, hehe :D. Dan nge-hits pula diantara teman-temannya… Mungkin ga biasa aja liat makanan warna ijo seperti ini :D.

Rasanya sendiri, hmm, menurut saya lumayan sih… enak! Aromanya juga khas seperti roti, karena perpaduan telur dan keju yang digoreng. Cara makannya sih saya sebenarnya membayangkan dengan bubur oat, tapi karena stok sedang habis, akhirnya pakai nasi saja. And so, apakah si Omelet Ijo dengan bopeng-bopeng gosongnya ini, sukses membuat penasaran? Hehe, malu sebenarnya, tapi kira-kira begini membuanya…

BAHAN
Sejumput
Bayam
1 butir
Telur ayam
Sedikit
Susu UHT
Secukupnya
Keju cheddar parut
Secukupnya
Merica bubuk

CARA MEMBUAT
1.
Masukkan bayam, telur ayam dan sedikit susu UHT dalam blender kecil. Blender sampai halus.
2.
Tuang ke dalam mangkuk, campur dengan keju parut dan merica bubuk secukupnya.
3.
Tuang adonan dalam wajan yang telah diolesi margarine. Masak dengan api yang sangat kecil. Tutup, supaya bagian atas ikut mengeras.
4.
Balik setelah cukup matang di sisi bawah. Masak sisi lainnya hingga matang.
5.
Angkat dan sajikan!

That’s all, sangat-sangat-sangat mudah kan… tinggal cemplung-cemplung, blender dan bisa ditinggal beraktivitas sembari menunggu matang. Penyajiannya, juga bisa jadi solusi untuk anak-anak yang agak susah makan sayur. Dan yang paling penting nutrisinya juga cukup jempolan, secara bayam mengandung zat besi, berbagai vitamin, folat dan banyak lagi.

Hehe, heboh sekali promosinya ya… Selanjutnya, silakan dicoba sendiri jika penasaran… Semoga rasanya tidak jauh berbeda dengan yang saya gambarkan :D.

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

6 comments:

  1. Wah ijo bener ya...penasaran jadinya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. iya ga nyangka lho bisa ijo seger gitu warnanya.. :D

      Delete
  2. Emang menarik banget mak. Saya mau coba ah.mungkin kalau pakai sayur warna warni lainnya seru juga ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, bener juga Mak.. pake sayur warna lain lucu kali ya :D

      Delete
  3. Boleh juga nih dicoba resepnya, ijonya unik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba Mak.. coba bopeng-bopeng gosongnya ga ada, pasti lebih kece :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...