Friday, October 10, 2014

Snack Favorit Semasa Hamil

Hamil itu… masa selama kurang lebih 9 bulan yang cukup tricky dalam banyak hal, salah satunya berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi tanpa mengesampingkan rasa. Iya, karena menurut pengalaman saya, pada saat hamil seorang wanita cenderung lebih cepat lapar, tapi lebih cepat merasa kenyang dan harus mengkonsumsi makanan yangbernutrisi, tapi harus memperhatikan asupan kalori juga… benar-benar tricky kan ;). Disatu sisi, kita seringkali merasa lapar, tapi diisi dikit aja sudah terasa penuh dan di saat yang sama kita harus memperhatikan nutrisi dari makanan kita, tapi bukan hanya itu, kita juga harus mempertimbangkan kalori yang kita konsumsi… terlalu sedikit berarti kurang energi dan terlalu banyak tentu saja akan mempengaruhi berat badan ibu dan bayi.

Lalu harus bagaimana? Hehe, iya kalau saya sih karena bisa dibilang awam dalam hal nutrisi dan kesehatan, ya pakai jurus kira-kira, penasaran dan mencoba lebih peka dengan sinyal tubuh. Hmm, kira-kira sebagai berikut:
1.  ‘Kira-kira’ maksudnya adalah memperkirakan kalori yang sudah saya masukkan ke perut. Misalnya, sekiranya hari itu sudah memasukkan kue ke dalam perut, ya makan nasinya sedikit dikurangi; jadi intinya menjaga agar jumlah kalori yang dimasukkan tetap dalam kadar normal, tidak berlebihan atau kekurangan.
2.  ‘Penasaran’ maksudnya mencari tahu kandungan makanan yang akan kita konsumsi, misalnya dengan membaca bagian ‘nutrition facts’ pada kemasan makanan atau browsing tentu saja :D. Kenapa? Sekedar untuk memastikan bahwa kita tidak memasukkan zat-zat yang tidak baik dan mengusahakan bahwa selain memenuhi keinginan makan, apa yang kita konsumsi juga bermanfaat untuk ibu dan bayi.
3. Sedangkan ‘mencoba lebih peka dengan sinyal tubuh’ maksudnya adalah memperhatikan reaksi tubuh akan makanan yang kita konsumsi. Kalau kita punya kecenderungan tekanan darah rendah dan mengkonsumsi semangka membuat tekanan darah turun, ya jangan ngotot :D (ini saya banget!). Lalu, saya pribadi ada kalanya perut sudah terasa penuh (kenyang), tapi keinginan makan masih tinggi, ya harus dikontrol, misalnya dengan ngemil sayur atau buah ringan.

Dan kembali pada topik, selama hamil ini ada beberapa kudapan yang terasa nikmat, bernutrisi menurut saya dan menjadi favorit, di antaranya adalah sebagai berikut:

Beberapa makanan yang menurut saya enak sekali dan cukup bernutrisi :D

1.     Strawberry! Rasanya memang asem, tapi justru itu sepertinya yang membuat makanan ini jadi favorit, seger-seger asem… nyamm :D. Mau dimakan langsung atau dibuat jus tanpa gula, dua-duanya suka. Sayangnya di tempat saya tinggal sekarang tidak ada supermarket, jadi selalu nitip teman yang sedang ke Palembang untuk membelinya (informasi ga penting :D). Oh ya, jangan lupa pilih yang organik untuk buah ini ya, soalnya kan kulitnya tipis dan makannya ga pake dikupas lagi, ngeri juga bayangin kita makan pestisida atau pupuk yang pastinya berbahaya bagi kesehatan kan… *Buah ini kaya vitamin C dan mengandung beberapa mineral penting.
2.     Mangga! Paling suka Mangga Harum Manis, nyamm; manis, seger dan banyak airnya :D. Sayangnya ya ini buah musiman, dan untungnya sekarang buah ini sedang musim, yang katanya bapak penjualnya buah ini juga import dari Jawa! (informasi ga penting kedua :D). *Buah ini kaya vitamin C, Folate dan mengandung beberapa mineral penting.
3.     Alpukat! Selalu dan selalu, kalau makan di luar, ya minumnya jus buah ini, walau tentu saja tetap enakan buatan sendiri; pertama karena buahnya pasti bagus dan rasanya pas. Paling suka buah ini di jus dengan sedikit gula atau campur yoghurt rasa strawberry atau sedikit susu coklat. Dijamin enakkkk :D. *Buah ini kaya Vitamin B5, Vitamin B6, Folate, Vitamin K, Vitamin E dan banyak lagi.
4.     Biskuit oat! Boleh sebut merek ga? Mungkin banyak merek lain yang ada di pasaran ya, tapi ya merek Oatbits ini yang rasanya paling sreg dari bahan, nutrisi dan rasa, yang tersedia di lokasi saya. Ada dua rasa, rasa kacang hijau dan almond. Dua-duanya enak, tapi saya lebih suka yang rasa almond. *Menurut nutrition facts di kemasan, biskuit ini banyak mengandung zat besi, Vitamin B2, Folate, Vitamin B1, Vitamin B6, Kalsium, Fosfor dan banyak lagi.
5.     Susu kedelai! Lagi-lagi, terpaksa sebut merek, karena alasan yang sama dengan poin 4, paling sreg dari sisi bahan, nutrisi dan rasa :D. Paling suka V-Soy ini sebenarnya karena ditambahkan dengan purple brown rice (ketan hitam) yang bikin rasanya mirip dengan bubur kacang ijo :D. Diminum dingin pas siang-siang, hmm, enakkkk :D. *Menurut nutrition facts di kemasan, susu kedelai ini mengandung Vitamin A, D, E, B1, B2, B12, Folate, Karbohidrat, Protein dan banyak lagi.
6.     Jeruk siam! (kalau pedagang buahnya suka bilang Jeruk Pontianak atau Kalimantan) juga jadi favorit dan tentu saja kaya vitamin, tapi ya jujur, kurang mengenyangkan :D.

Bagi saya pribadi, ada banyak manfaat berusaga memilih dan mengkonsumsi snack yang sehat sehari-hari. Pertama, tentu saja menambah asupan nutrisi. Kedua, ya untuk mengontrol keinginan makan kudapan-kudapan yang sebenarnya kita sukai, tapi dianjurkan untuk dihindari; misalnya dalam kasus saya adalah keripik teri dan kerupuk ikan. Dimana keduanya  konon termasuk dalam kategori makanan yang kaya kalori dan sedikit kandungan nutrisi, serta tinggi kandungan garam. Demikian juga dengan kue-kue, roti dan makanan manis lainnya dengan alasan yang sama. Paling tidak, kalau kita sudah kenyang duluan, otomatis mau makan snack golongan inipun tidak bisa banyak-banyak lagi :D. Jadi, mencegah kecenderungan makan ngawur-ngawur dan suka-suka kalau sudah terlanjur lapar (self reminder :D).

Pada perjalanannya, ada kalanya membiasakan diri mengkonsumsi camilan sehat kadang memang penuh godaan. Tapi bisa, apalagi kalau sedang hamil, mengingat apa yang kita makan ya akan ‘dimakan’ juga oleh anak kita di perut. Betul kan… Jadi, apa snack favorit ibu-ibu sekalian semasa hamil? Siapa tau bisa menambah referensi bagi teman-teman lain ;).

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

10 comments:

  1. ga makan pepaya mak? kl d lampung dl pepaya metik lgsg, jadi snack gratisan deh, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. enak juga tuh kayaknya.. nanti kalo ke pasar dan nemu yg bagus beli ahh :D

      Delete
  2. Dlu waktu hamil paling seneng nyemil buah smbl dirujak
    hampir tiap hari rujakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh.. rujak.. suka juga, tapi cuma suka rujak nanas, itupun tanpa cabe :D
      Berhubung ga boleh makan nanas pas hamil, rujak stop dulu.. :D

      Delete
  3. Mangga enakkkk...
    duh salah kesini pas malem...jadi lapar .____.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poll enaknya Mak.. apalagi harum manis.. slurpppp :D

      Delete
  4. sayangnya ga boleh minum susu kdelai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alergikah mbak?
      Iya sih ada artikel yg bilang susu kedelai sebaiknya dihindari pada trimester kedua kehamilan, tapi cukup aman jika dikonsumsi trimester kedua.. hihi :D

      Delete
  5. liat foto mangga nya ikut ngiler ,mau dong bumiil ..haha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...