Friday, November 21, 2014

When the Morning Comes: Simply Marit Larsen’s Fresh Sounds

Baiklah, saya ga terlalu mengerti soal musik sebenarnya… Tapi kalo pencinta musik, tentu saja! Saya adalah seorang yang sangat-sangat menikmati musik, baik secara pasif sebagai pendengar maupun secara aktif sebagai orang yang didengar atau menyanyi *terlepas dari how it sounds ya :D.

Dan sekarang, saya ingin bercerita tentang album baru artis favorit saya nomor satu, yaitu Marit Larsen. Yang pernah populer bersama Marion Ravn melalui band M2M pada tahun 2000-an (baca disini dan disini). Dimana melalui album bertajuk ‘When the Morning Comes’ ini, Marit kembali membuktikan kemampuannya dengan berhasil mencapai puncak chart album Norwegia!

Menurut saya pribadi, album berisi 10 lagu yang digubah oleh Marit bersama beberapa kolaborator ini memang enak didengar dan memiliki makna yang mendalam. Wajar jika berhasil memikat hati penggemarnya di Norwegia sana. Dalam 10 lagu tersebut, Marit menceritakan berbagai kisah; mulai dari percintaan, persahabatan dan juga kehidupan melalui nada-nada dan melodi yang lemah lembut seperti ‘Lean on Me Lisa’ maupun bersemangat seperti ‘Travelling Alone. Sebuah album dengan variasi tema lagu, nada dan tempo yang membuat dinamika album ini jauh dari kata membosankan.

Di album keempat yang masih ber-genre pop/folk ini, Marit memilih berkolaborasi dengan musisi-musisi baru, tidak seperti ketiga albumnya, ‘Under the Surface’, ‘The Chase’ dan ‘Sparks’. Dan bahkan di album ketiga ini, Marit memproduseri sendiri albumnya, sementara ketiga albumnya diproduseri oleh orang yang sama, yaitu ‘Kåre Christoffer Vestrheim’. Jika biasanya Marit lebih sering menulis lagunya secara individual, setiap lagu dalam album ini digubah bersama musisi lain. Hmm, mungkin itu yang membuat album ini terkesan berbeda. Terkesan lebih rapi, tanpa mengabaikan sisi artistik dan juga unsur enak didengar. Album ini terkesan tidak mengabaikan selera penikmatnya, namun juga tidak mengesampingkan sisi artistik dan pesan yang ingin disampaikan. Saya memberikan nilai 4 dari skala 5 pada album ini.

Cover Album ‘When the Morning Comes’
Foto diambil dari akun Facebook resmi Marit Larsen
1.
"Please Don't Fall For Me"  
Marit Larsen, Tofer Brown
03:16
2.
"Faith & Science"  
Larsen, Seth Jones
03:18
3.
"I'd Do It All Again"  
Larsen, Brown
03:18
4.
"I Don't Want To Talk About It"  
Larsen, Greg Holden
03:21
5.
"Shine On (Little Diamond)"  
Larsen, Brown
03:27
6.
"Before You Fell"  
Larsen, Brown
04:17
7.
"Lean On Me, Lisa"  
Larsen, Phillip LaRue
03:14
8.
"Traveling Alone"  
Larsen, Jones
02:32
9.
"Consider This"  
Larsen, Jones
04:23
10.
"When The Morning Comes"  
Larsen, Brown
03:31
Total length:
34:37

Oh ya, lagu favorit di album ini adalah ‘Please Don’t Fall for Me’ yang menceritakan begitu pedulinya kita pada seseorang hingga akan melakukan apapun untuk kebaikan orang tersebut dan ‘Faith & Science’ yang membuat saya jatuh cinta dengan melodinya. Hmm, penasaran? Bisa check ke akun Facebook Marit. Disitu, Marit memposting sedikit potongan setiap lagu di album tersebut. Sementara kalau teman-teman ingin mendengar albumnya secara utuh, memang membutuhkan sedikit usaha, karena album ini baru rilis di Norwegia, dan rencana baru di rilis ke beberapa negara lain di Bulan Januari 2015.

Sementara, untuk mengobati rasa penasaran, boleh juga memutar single pertama bertajuk ‘I Don’t Want to Talk About It’ yang ada di akun YouTube berikut ini:


With Love,
Nian Astiningrum
-end-

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...