Thursday, December 25, 2014

Aplikasi Pemantau Perkembangan Bayi dalam Kandungan

Kehamilan sudah pasti merupakan momen yang begitu membahagiakan bagi banyak pasangan. Bagaimana tidak, setelah kurang lebih sembilan bulan sepuluh hari masa kehamilan itu, nantinya akan hadir seorang makhluk kecil yang ditunggu-tunggu. Iya, sembilan bulan sepuluh hari, atau 40 minggu adalah waktu yang kurang lebih dibutuhkan untuk bayi kita untuk berkembang di dalam rahim, sebelum akhirnya lahir dan hidup di dunia luar. Sembilan bulan sepuluh hari, yang dinanti dan kadang menimbulkan rasa penasaran akan apa yang terjadi di dalam kandungan kita bukan? Sudah sebesar apa bayi kita, seperti apa pertumbuhannya, mengapa kita mengalami kondisi-kondisi fisik tertentu serta apa yang perlu dilakukan saat ini; tentu adalah hal yang menjadi perhatian seorang calon ibu (dan juga ayah).

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kita bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber; memanfaatkan sesi konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan, informasi dari berbagai media (terutama internet yang menyediakan informasi nyaris tanpa batas) maupun sharing dengan teman yang lebih berpengalaman. Dan sekarang, selain cara tersebut, dengan perkembangan teknologi, kita pun bisa mendapatkan informasi dengan mudah mengenai perkembangan bayi kita di dalam kandungan minggu demi minggu dan saran harian sesuai usia kandungan kita melalui sebuah aplikasi yang sangat informatif, bernama ‘My Pregnancy Today’.

My Pregnancy Today’ merupakan aplikasi untuk perangkat Android atau iPhone yang dapat diinstal secara gratis melalui application store masing-masing. Melalui aplikasi ini, kita akan dapat memantau perkembangan bayi kita minggu demi minggu berdasarkan tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) yang kita masukkan atau prediksi lahir yang diberikan dokter kita. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan berbagai informasi hari demi hari berdasarkan usia kandungan kita. Adapun informasi yang bisa didapatkan dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:
  1. Perkembangan esensial bayi dalam kandungan minggu demi minggu; mulai dari berat normal, perkembangan organ-organ tubuh, keahlian barunya dan banyak lagi.
  2. Tips harian mengenai hal yang bisa kita lakukan sesuai usia kandungan, perkembangan dan perubahan fisiologis yang biasa terjadi, serta informasi lain mengenai kehamilan kita.
  3. Membantu melakukan tracking pertambahan berat badan kita, apakah masih dalam rentang yang normal atau tidak.
Perkembangan bayi minggu demi minggu
+tips/informasi harian tentang kehamilan
Tracking kenaikan berat badan
Tanpa menggantikan saran dari dokter
dan tenaga medis lainnya…

Kira-kira ketiga hal itulah yang sering saya manfaatkan melalui aplikasi ini, jadi setiap kali penasaran dengan perkembangan bayi atau sekedar tidak punya ide perlu melakukan apa pada saat tertentu terkait kehamilan, tinggal buka aplikasi ini saja. Singkatnya aplikasi ini sangat bermanfaat bagi kita yang selalu haus informasi dan penasaran dengan kehamilan kita.

So, tertarik dengan aplikasi ini… silakan search saja di application store masing-masing atau melalui link ini.

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

10 comments:

  1. Blogwalking malam-malam dari KEB hehehe. Salam kenal ya Mak :) Kebetulan aku juga lagi hamil. Sempet pake app ini, tapi di hp-ku sering rada error huhuhu padahal bagus ya Mak sampai ada forumnya segala. Ya nasiiib.. xDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. selamat atas kehamilannya Mak, semoga sehat-sehat selalu..
      Aplikasinya bagus menurutku, terutama buat mengobati ke-kepo-an kita akan kondisi kehamilan kita hari demi hari..
      Kalo ga memungkinkan instal aplikasinya, daftar newsletternya aja Mak.. lumayan, dapet informasi mingguan soal kehamilan kita ;)

      Delete
  2. dulu ketika saya hamil anak pertama dan kedua belum ada aplikaksi beginian mbak...celularnya masih jadul...bunyinya tulalit tulalit...harusnya ibu-ibu hamil sekarang banyak terbantu dengan adanya aplikasi beginian ya..... salam dari jogja... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam dari Tanjung Enim mbak Yuni.. saya juga asli Jogja :D
      Sama mbak, pas hamil pertama belum ada hape dengan aplikasi macem-macem kaya gini.. waktu itu, senjatanya ya langganan newsletter mingguan dari sebuah produsen suplemen kehamilan dan bayi.. hihi..
      Dan 4 th kemudian, teknologi berkembang sedemikian rupa.. sekarang mah, ga repot-repot lagi mau tau ini itu :D

      Delete
  3. Enaknya ibu hamil sekarang. Banyak aplikasi yang membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mak.. dulu pas hamil pertama (sekitar 4 tahun yang lalu) aja belum ada aplikasi beginian :D

      Delete
  4. aku juga pakai aplikasi ini mak 2.5 tahun lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, pasti sependapat kan.. aplikasi ini bermanfaat sekali :D

      Delete
  5. aplikasinya bagus, nih. Coba dulu waktu saya hamil udah ada aplikasi kayak gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...