Tuesday, March 10, 2015

Lika-Liku Mencari Bra Menyusui yang ‘Pas’

Waktu itu, masih hitungan beberapa bulan sebelum perkiraan kelahiran Mahesh, saya sudah mulai sibuk mencari perlengkapan untuk Mahesh maupun saya pasca melahirkan nanti. Dan salah satu barang wajib yang kala itu sedikit sulit didapatkan adalah bra menyusui! Sampai-sampai seorang teman saya membantu hunting saat sedang berjalan-jalan ke mall di kotanya (walaupun akhirnya tidak membuahkan hasil karena pertimbangan ongkir).

Jika tinggal di kota besar, mungkin hal itu tidak perlu terjadi, karena saya bisa dengan mudah menjelajahi pusat-pusat perbelanjaan untuk menemukan bra menyusui yang pas dari sisi ukuran, kenyamanan dan juga harga. Tapi sayangnya lokasi saya yang cukup pelosok, membuat semua itu menjadi hal yang sulit dilakukan. Dan akhirnya, saya pun mengandalkan toko-toko di dunia maya untuk menemukan bra menyusui yang pas.

Oh ya, sebelum melanjutkan cerita perburuan ini, saya ingin bercerita pentingnya sebuah bra menyusui menurut saya, diantaranya sebagai berikut:
  1. Membantu melalui masa-masa pembengkakan payudara dengan lebih nyaman. Beberapa hari pasca melahirkan hampir semua wanita akan mengalami pembengkakan payudara dalam upaya tubuh untuk menghasilkan ASI untuk bayinya (rasanya bisa baca disini). Nah, menurut pengalaman saya, bra menyusui yang fleksibel dan nyaman sangat membantu melewati masa-masa itu dengan nyaman. Kebayang kan 'repotnya' merasakan payudara yang cenat-cenut dan harus disusukan, jika menggunakan bra yang tidak pas bisa dipastikan rasanya akan sangat menyiksa.
  2. Membuat ASI lebih cepat 'disajikan' saat bayi membutuhkan. Jadi, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah kemudahan membuka kancing bra pada saat akan menyusui.
  3. Memudahkan pada saat harus menyusui di tempat umum. Dengan bra menyusui yang mudah dibuka dan dikancingkan, maka 'kehebohan' untuk menyusui akan dapat diminimalkan sehingga tidak terlalu mencolok.
Jadi, setuju kan, kalau bra menyusui itu memang hal yang penting dan essential pasca melahirkan.

Kembali ke perburuan untuk menemukan bra menyusui yang pas ke berbagai toko online... saya pun menjelajahi berbagai toko online langganan dan juga browsing dengan bantuan google, karena ternyata mencari bra menyusui itu gampang-gampang susah! Ketemu yang kelihatannya nyaman dari sisi desain dan bahan, eh, harganya kurang pas alias kemahalan :(. Cukup tricky lah pokoknya.

Waktu itu, akhirnya saya jatuh hati beberapa tipe bra menyusui merk Mamaway yang sesuai untuk kondisi payudara bengkak dan saat tidur karena elastisitas bahannya dan jenis lainnya yang pas dipakai saat kondisi payudara mulai normal dikala siang hari dan bepergian. Namun, meskipun bra menyusui yang diinginkan sudah didapat, tapi perburuan belum selesai, karena toko yang diharapkan (menyediakan harga terbaik) belum didapatkan. Sampai akhirnya saya menemukan bra menyusui yang saya cari di toko langganan saya, Zalora. Walaupun sudah berkali-kali berbelanja Zalora, tapi saya baru tahu kalau mereka juga memiliki koleksi bra menyusui dan baju hamil (pernah saya posting disini) yang lengkap setelah googling melalui internet. Selama ini saya hanya berbelanja seputar baju, sepatu dan tas.

Harga yang ditawarkan Zalora memang sama dengan harga yang ditawarkan di toko resmi bra menyusui tersebut, tapi menjadi lebih ekonomis karena adanya program gratis ongkos kirim dan diskon 15% untuk pembayaran menggunakan Kartu Kredit Mandiri Visa kala itu. Dengan begitu, saya bisa berhemat banyak! Mengingat lokasi saya di Tanjung Enim, Sumatera Selatan yang cukup jauh sehingga tarif ongkos kirim beberapa ekspedisi relatif mahal, namun dengan program gratis pengiriman Zalora, saya tidak perlu membayar serupiah pun.

Dan berikut adalah bra menyusui favorit saya:

Mamaway crossover nursing bra

Bra ini sangat elastis, sehingga mampu mengikuti ukuran payudara. Tapi meskipun demikian, dia mampu menopang payudara dengan baik, jadi sangat nyaman digunakan saat payudara membengkak dan terasa nyeri karena merangkaki (engorgement). Selain itu, bra ini juga sangat nyaman digunakan pada saat tidur malam, dimana pada saat pagi hari payudara bengkak karena penuh ASI.

Mamaway Fleur de Lace Crossover Sleeping & Nursing Bra

Bra menyusui yang ini memiliki semacam busa tipis yang membuat sehingga terlihat rapi meskipun kita menggunakan breast pad. Sangat pas dipakai pada saat bepergian menggunakan baju yang press body (ketat) di bagian dada.

Mamaway Allure Wireless Maternity & Nursing Bra

Bra ini memiliki bukaan dengan pengancing berupa kait. Sangat pas digunakan di siang hari atau pada saar bepergian.

Tiga jenis bra menyusui itulah favorit saya saat ini. Soal harga menurut saya sih lumayan berasa di kantong. Yah, bra menyusui kan kebanyakan memang cukup menguras kocek, karena itu, kita harus jeli memilih mana yang benar-benar nyaman, awet serta toko yang memberikan diskon dan gratis ongkos kirim agar lebih ekonomis. Oh ya, saya memperoleh ketiga bra ini sangat jauh lebih murah daripada harga aslinya karena promo yang sedang ada waktu itu.

Oh ya, bagi ibu-ibu dan calon ibu yang sedang mencari bra menyusui, silakan googling melalui internet untuk menemukan bra menyusui yang pas di badan dan di kantong. Sebagai referensi bisa intip Zalora. Toko ini, selain menyediakan berbagai jenis bra menyusui juga memberikan diskon pada berbagai event serta tentu saja gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dengan minimal pembelian Rp. 250.000. Selamat berburu ;)

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

4 comments:

  1. Lagi cari bra menyusui juga neh mbak, pakai bra biasa jadi kurang kenceng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. dan pake bra biasa itu ribet kalo butuh nyusuin cepet.. susah buka tutupnya, alhasil jadi heboh :D

      Delete
  2. Waa... Makasih banyak mbx infonya sangat membantu q.ini aq ud 8m tp blm nemu bra y nyaman n model y keren.. Aq rasa recom nya mbax bagus bngt modelnya keren.. Tp jg tampak nyaman.
    Ok aq catet n gogling

    ReplyDelete
  3. Yeay! Persiapan ah, biar hidup tetap menyenangkan walau lagi ASI :D

    Salam,
    Oca

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...