Thursday, May 7, 2015

Mahesha’s 3rd Months: Memahami Pola Sederhana


Hayo, siapa yang sempat mengabadikan foto si kecil dengan pose di atas? Jujur lho, saya baru sadar kalau pose ini sangat umum dilakukan anak-anak di antara usia 2 sampai dengan 3 bulan, setelah memiliki anak kedua. Dan ternyata ada sesuatu lho yang melatarbelakangi pose lucu nan serius ini. Sesuatu yang menjadi pertanda bayi lucu kita semakin memahami dunia di sekitarnya, mengenal pola sederhana dalam dunia, sesederhana bahwa dia bisa menggerakkan tangan yang selama ini (mungkin) tidak disadari keterkaitannya dengan dirinya… Sebuah lompatan pemahaman yang oleh van de Rijt & Plooij disebut sebagai ‘leap of pattern’. *Ulasan tentang pendapatnya menyusul di postingan berikutnya.

Beberapa perilaku lain yang nampak pada Mahesha sebagai pertanda dia dalam proses memahami pola-pola ini diantaranya adalah:
  1. Memasukkan tangan ke dalam mulut dan menghisapnya pada saat ‘galau’ seperti sulit tidur. Mahesha kecil mulai memahami pola bahwa dia memiliki tangan yang bisa dihisap dan menimbulkan rasa tenang saat dihisap.
  2. Tidak lagi rewel dan marah-marah saat Let-Down Reflect membuatnya kewalahan. Dia lebih cerdik sekarang, saat aliran ASI terlalu deras dan tidak dapat diminumnya, maka dia akan menghentikan menyusu sejenak dan menyusu lagi kemudian.
  3. Lebih tenang saat ditidurkan pada malam hari, awalnya dengan digendong dan selanjutnya sambil minum ASI. Sepertinya dia sudah mengerti bahwa pada saat dia merasa mengantuk, digendong dan minum ASI akan membuatnya relax dan tertidur.
  4. Bisa tidur siang telentang dan lebih lelap, karena gerakan ngulet-ngulet-nya sangat jauh berkurang, sehingga bisa tidur lebih tenang dan mudah. Sekarang dia sudah lebih memahami bagaimana mengendalikan tubuh dan gerakannya, sehingga gerakan-gerakan reflek bayinya banyak berkurang dan digantikan oleh gerakan-gerakan yang memang sengaja dilakukan.
  5. Mengoceh dan menegang-negangkan badannya saat ingin bermain ayun-ayun sambil digendong.
Tampaknya perkembangan-perkembangan di atas memang sederhana ya… tapi, dibalik perubahan-perubahan sederhana itu ada suatu perkembangan mental yang terjadi. Dan menerka-nerka perkembangan mental apa yang terjadi dibalik tingkah-tingkah sederhana itu membuat kita semangat membaca-baca artikel atau bahkan buku diktat kuliah :D.

Sehat-sehat terus ya Mahesh :*

With Love,
Nian Astiningrum

-end-

1 comment:

  1. Kalo kak Naqiya sudah 6 bulan dan sedang belajar merangkak :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...