Friday, April 15, 2016

Orak Arik Kuah Sehat

Masak itu susah! Itu bayangan saya dulu, hingga akhirnya paling malas diajak Ibu belajar masak. “Percuma ah, itu butuh waktu lama, sekarang lagi ribet dengan tugas-tugas sekolah dan main, nanti ajalah,” itu pikir saya dulu… Dan kemudian, setelah akhirnya merantau dan terpaksa harus survive, ternyata masak itu tidak perlu (selalu) dibuat ribet. Masak itu susah! Itu hanya untuk masakan-masakan tertentu (sebut saja rendang, steak dan sebangsanya). Namun, kenyataannya ada begitu banyak resep-resep masakan sederhana yang mudah diolah dan bergizi tinggi yang tidak memerlukan ketrampilan tingkat tinggi (sebut saja sop sayuran, cap cay dan sejenisnya).

Jadi… Masak, bukan masalah lagi ;). Apalagi dengan kemudahan browsing berbagai resep masakan saat ini. Yang susah saja bisa dilibas dengan tambahan niat dan ketelatenan. Apalagi yang mudah dan sederhana… bisa banget! ;)


Nah, membicarakan tentang masakan-masakan sederhana, beberapa resep pernah saya tulis disini. Dan sekarang, lagi-lagi saya ingin share resep masakan sederhana yang benar-benar sederhana. Cepat, bisa ditinggal-tinggal dan tidak perlu mengeluarkan tenaga yang terlalu besar (untuk mengulek bumbu misalnya). Sebut saja nama resep ini ‘Orak Arik Kuah Sehat’, resep yang baru beberapa kali saya coba dan selalu sukses membuat Ganesh mendapat ‘bintang’ atau ‘fish’ alias stiker-stiker reward yang diberikan gurunya saat seorang anak berhasil menghabiskan makanannya sendiri. Yang mana itu membuat saya merasa berhasil mencapai salah satu target kinerja saya sebagai seorang ibu :D.

Mau coba? Berikut resepnya:

Bahan:

1 buah
Wortel ukurang sedang
1 rumpun
Brokoli ukuran sedang
1 genggam
Kacang kapri (atau buncis atau sayuran apa saja yang sekiranya cocok)
1 butir
Telur
8 butir
Bakso
5 butir
Bawang putih
¼ butir
Bawang bombai ukuran sedang
Merica
Secukupnya
Garam
Secukupnya
Minyak
Secukupnya (untuk menumis)

Cara Membuat:
1.
Kupas dan potong-potong wortel sesuai selera (saya suka bentuk dadu karena mudah dimakan anak-anak yang sedang belajar makan)
2.
Siangi dan potong-potong brokoli dan kacang kapri (atau buncis) sesuai selera
3.
Kocok satu butir telur
4.
Iris-iris tipis bakso sesuai kebutuhan
5.
Geprek dan cincang bawang putih
6.
Iris bawang bombay memanjang
7.
Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum kemudian beri air
8.
Masukkan telur, aduk-aduk hingga mengental

Masukkan wortel, tambahkan air hingga wortel terendam, masak hingga setengah matang
9.
Masukkan bakso dan kacang kapri atau buncis, masak hingga seluruh sayur matang dan empuk
10.
Tambahkan garam dan merica secukupnya

Tuh, benar-benar sederhana kan… Masaknya bisa sambil ditinggal-tinggal! Misalnya, sambil menunggu wortel setengah matang kita tinggal mandi atau menyuapi anak sarapan. Tapi, yang terpenting nutrisinya insyaallah cukup kaya dan rasanya yang gurih membuat anak bersemangat menghabiskannya. Win-win! ;)


So, meskipun dengan keterbatasan keterampilan dan waktu, sama sekali bukan halangan kita untuk menyiapkan masakan bergizi yang disukai anak ya… Karena nyatanya, ada banyak sekali resep-resep masakan sederhana yang tidak membutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan waktu yang banyak. Dan lagi, resep-resep ini, bisa jadi lebih bervariasi lagi macamnya dengan modifikasi bahan secukupnya (terkadang ini disesuaikan dengan persediaan logistik yang masih tersedia di rumah). Pokoknya, semua pasti bisa! *Optimis :)

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

3 comments:

  1. Akan saya coba resepnya TFS mba :)

    ReplyDelete
  2. Hmmm enak kyknya, kebetulan punya semua bahannya kecuali kaprinya. Coba deh bikin jg TFS :D

    ReplyDelete
  3. Aaaaakkk, sama banget deh, di rumah juga pada suka banget sama sop, cuma kalo resep ini si belom pernah nyoba :D

    Salam,
    Senya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...