Wednesday, June 15, 2016

Perkedel Tahu Kukus

Dulu seringkali saya mendengar ibu mengeluh, “Bingung, mau masak apalagi hari ini…” dan saya yang kala itu masih remaja mengabaikannya. Pikir saya yang masih bau kencur waktu itu, “Hal seperti kan ga perlu dipikirkan secara berlebihan, masak aja apa yang ada, gitu aja kok repot…” Aah, benar-benar pemikiran yang naif sekali kan, dan sekarang setelah menikah dan punya anak, baru saya mengerti apa yang ibu rasakan waktu itu. Urusan mengolah bahan makanan yang bergizi dan bervariasi agar suami dan anak tidak bosan itu memang cukup tricky. Apalagi bagi saya yang memang tidak jago masak dan setiap kali harus browsing resep di internet, terkadang tidur malam saja kepikiran besok pagi musti masak apa…


Seperti halnya yang terjadi kemarin, malam-malam saya kepikiran mesti masak apa untuk makan siang dan sore anak-anak yang saya tinggal ke kantor. Saking lamanya mikir dan ga juga dapat ide, saya pun ketiduran sewaktu ngelonin bocah-bocah sampai pagi. Dan alhasil, sukseslah pagi itu saya bangun kemudian langsung memutar otak, apa yang bisa saya masak dengan cepat dan anak-anak suka. Hmm, masakan ajaib apakah itu… Aha, kemudian saya teringat beberapa waktu yang lalu pernah mengolah tahu menjadi perkedel, yang tidak terlalu sukses karena sulit digoreng. Sewaktu digoreng si adonan tahu sedikit hancur dan bentuknya pun menjadi kurang enak diliat. Waktu itu, si Ganesh cukup suka dibawain bekal perkedel tahu dan si Mahesh pun tidak ada komplain dengan lauk itu. So, let’s try again, apalagi kemarin habis beli wadah-wadah aluminium foil kecil, jadi terpikir si adonan tahu dikukus dulu sebelum digoreng, sehingga bentuknya lebih solid… Yeay!

Bahan:

4 buah
Tahu putih ukuran besar, hancurkan
5 butir
Telur ayam kampung (dia kan kecil ukurannya, kalau ayam biasa bisa disesuaikan), kocok 4 butir untuk adonan tahu dan 1 butir untuk lapisan saat digoreng
1 buah
Wortel ukuran sedang, parut dengan parutan keju
2 siung
Bawang putih, cincang
1/2 buah
Bawang bombay ukuran kecil, cincang dan tumis hingga harum
2 batang
Daun bawang ukuran sedang, ambil bagian hijaunya saja, iris tipis
Secukupnya
Garam
Secukupnya
Merica bubuk

Cara Membuat:
1.
Campur tahu putih, 4 butir telur, wortel, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, garam dan merica bubuk hingga merata.
2.
Cicip untuk memastikan rasa.
3.
Masukkan adonan kedalam wadah tahan panas (saya memakai wadah aluminium foil yang sering dipakai untuk memasak klapetart)
4.
Kukus sampai matang (kurang lebih 20 menit)
5.
Setelah matang, dinginkan kemudian iris-iris sesuai selera
6.
Masukkan potongan perkedel tahu dalam telur kocok dan goreng dengan api sedang-kecil hingga kuning keemasan
7.
Jika perlu ganti minyak setelah beberapa kali goreng, karena minyak menjadi berbusa dan hasil gorengan menjadi buruk
8.
Sajikan

Penampakan sebelum dipotong dan digoreng

So simple, tinggal campur aduk bahan jadi satu, cicip, kukus, iris dan goreng. Dan yang menyenangkan itu adalah saat mbak di rumah cerita, tadi Ganesh sebenarnya mau minta lagi, tapi sudah habis :D. Yang artinya dia suka banget! Yeay! “Tenang aja Ganesh, besok mama bikinkan lagi banyak-banyak ya…”

Dan hari ini, setelah malamnya kami mengobrol tentang si Perkedel Tahu Kukus dengan Ganesh. Dimana saya mendengar sendiri kalau dia masih so addicted dengan tahu tadi sore, saya pun membuat lagi hari ini. Kali ini lebih banyak, plus persediaan di kulkas yang belum digoreng. Sewaktu-waktu ada yang pengen, tinggal iris-iris dan goreng deh… So simple, dan insyaallah bernutrisi ;)

Want to try? ;)

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

3 comments:

  1. Wah, resepnya bisa dipraktekkin di rumah nih.
    Lucu dan beda ^_^

    ReplyDelete
  2. Boleh juga nih kayanya sekali-kali bikin beginian bareng temen-temen di kosan :D

    ReplyDelete
  3. Kalo Ganesh suka, aku juga mau coba ah :D

    Salam,
    Senya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...