Friday, November 30, 2012

The Story of Lemon Juice

Hoamm, hari ini pukul 01.00 dini hari, saya baru terbangun dari tidur saya. Setelah beberapa hari mengalami insomnia alias kesulitan memejamkan mata di malam hari, wajar jika hari ini saya bisa ketiduran selama ini. Ya, sejak lahir Ganesh, jadwal mandi sore dan tidur malam saya jadi kurang terprediksi, terutama jika pulang lebih dari pukul 16.00 dari kantor. Hehe, apa hubungannya ya? Hmm, jadi begini ceritanya… Jadi semua berawal karena kami memang memilih untuk mencari pengasuh yang tidak menginap, karena alasan menjaga privasi dan kedekatan kami sekeluarga. Hoho, bahasa simpelnya sih, saya merasa setelah selama minimal 8 jam setiap hari meninggalkan Ganesh dengan pengasuhnya, saya merasa harus mengoptimalkan waktu sepulang kerja untuk bersamanya, supaya kedekatan kami lebih terjaga (baca: supaya Ganesh tetap lengket sama kami dan tidak terlalu lengket dengan pengasuhnya). Karena itu, jika sudah lewat dari jam 16.00, begitu sampai di rumah pasti pengasuh sudah siap-siap pulang ke rumah, dan acara mandi dengan senang hati harus ditunda sampai Ganesh tidur.

Kembali ke cerita ‘sari lemon’ alias ‘lemon juice’… Saya yakin ya, banyak wanita (dan juga pria) di luar sana yang mempunyai masalah dengan jerawat (pimple, acne) dan untuk beberapa kasus mungkin sedikit complicated seperti masalah saya; wajah sensitif, kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat (acne prone). Kombinasi yang cukup sulit ya, karena biasanya obat jerawat memiliki kandungan obat yang keras dan salah-salah malah membuat wajah kita semakin rusak. Beberapa brand acne remedies dan aesthetic clinic memang memang mengklaim produknya cocok untuk kombinasi kulit seperti itu ya... Tapi coba tambahkan permasalahan dengan Anda sedang hamil! Haha, pasti bingung deh, secara kan saat sedang hamil ada banyak pantangan obat-obatan yang bisa diaplikasikan (termasuk yang diaplikasikan di permukaan kulit). Dan (sialnya) lagi, sebagian besar obat jerawat masuk ke daftar larangan itu! Padahal pada saat hamil, seringkali jerawat lebih sering muncul karena perubahan hormonal.


Sebagai orang yang cukup lama mengalami masalah jerawat, saya sudah mencoba berbagai macam solusi; mulai dari ke dokter kulit, pengobatan alternatif, aesthetic clinic (Nata*ha Skin Care) hingga pengobatan menggunakan sari jeruk nipis. Cukup banyak ya… dan berikut review berdasarkan pengalaman saya:

Dokter Kulit
Seingat saya saya pernah berganti dua dokter kulit dan treatmen keduanya mirip sih. Yaitu saya diberikan obat untuk diminum, pembersih wajah dan lotion/cream untuk mengobati jerawat dari luar. Hasilnya cukup bagus, tapi jerawat tetap saja datang dan pergi, jadi terpaksa saya harus menjadwalkan kunjungan ke dokter setiap kali jerawat mampir ke wajah. Tentu saja efeknya tidak terlalu bagus ya, karena pada dasarnya obat adalah racun.

Aesthetic Clinic (Nata*ha Skin Care)
Sebenarnya cukup manjur sih, tapi mungkin karena kulit saya ga terlalu cocok dengan obat-obatnya jerawat terkadang masih muncul dan efeknya kulit saya jadi lebih tipis. Pada cream-creamnya tidak ada ingredient, jadi saya kesulitan memastikan apakah komposisinya aman untuk ibu hamil dan kebetulan pada saat menanyakan kepada dokter klinik via telepon, saya hanya disarankan untuk tetap menggunakan tipis-tipis.. Hmm, karena saya anggap penjelasannya kurang memuaskan, lagi-lagi saya memilih mundur.

Pengobatan Alternatif
Sebenarnya ini yang paling manjur sih, tapi klinik alternatif itu entah kenapa pindah lokasi ke luar kota, alhasil saya tidak bisa perawatan disana lagi. Lagi pula treatment mereka menggunakan jamu-jamuan, vitamin-vitamin dan obat-obatan oles dari Cina, sepertinya andai pun mereka terjangkau, tidak akan saya gunakan sewaktu hamil.

Aloe Shooting Moisture Lotion SPF 15
Sari Jeruk Nipis
Karena banyak pertimbangan, akhirnya saya tidak merawat jerawat saya dengan apapun selama beberapa waktu. Dan bisa dipastikan, jerawat saya pun semakin subur dan merajalela, sampai pada tahap saya tidak bisa mengabaikannya; selain sakit, juga mengganggu penampilan. Pada saat itulah saya mencoba perawatan dengan jeruk nipis; waktu itu suami saya yang memberikan ide. Selain itu saya juga menggunakan sabun wajah dan krim SPF yang saya rasa aman untuk ibu hamil. Jadi perawatan lengkap saya sbb:
The Face Shop Clean Face Oil Free Sun Cream SPF35 PA++
  1. Membersihkan wajah dengan sabun wajah Acne Aid Bar setiap pagi, sewaktu istirahat dan sore hari. Setelah membersihkan wajah, gosok lembut wajah dengan tangan untuk mengelupas kulit mati (kulit saya termasuk yang sering mengelupas).
  2. Pagi hari menggunakan  Aloe Soothing Moisture Lotion SPF 15 dari The Body Shop, diulangi siang hari setelah membersihkan wajah. Nah, alternatif lain adalah menggunakan produk The Face Shop Clean Face Oil Free Sun Cream SPF35 PA++
  3. Menjelang tidur, sedikit ribet, saya mengompres wajah dengan air hangat mendekati panas yang sudah dicampur dengan air jeruk nipis. Setelah itu, wajah dioleskan air jeruk nipis tanpa campuran apapun. Hmm, jangan ditanya ya, rasanya sedikit pedih, terutama jika ada bagian wajah yang lecet.
Efek perawatan ini memang tidak instan, mungkin setelah 2 atau 3 minggu baru terlihat hasilnya, tapi insyaallah aman untuk ibu hamil sekalipun. Anda ingin mencoba?

With Love,
Nian Astiningrum



6 comments:

  1. nice info Nian, terimakasih ;) btw, acne aid bar itu nama merek atau apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. ini Hanum ya :D
      Acne Aid Bar itu nama produk dari brand stiefel
      Aku kalo cari biasanya di Apotik Kimia Farma.. Coba cek disini deskripsinya: http://www.stiefel.com.my/products/acne.html

      Delete
  2. memang ga mudah ya mak merawat kulit berjerawat itu, harus hati2 dan telaten ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget mak.. dulu sampe frustrasi.. gonta-ganti perawatan '__'
      Kalo sekarang sudah sangat bersyukur dengan kondisi sekarang deh..

      Delete
  3. Acne Aid Bar kan non Halal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. kurang tau juga, memang tidak ada label halalnya sih.. tapi ada yg berpendapat, produk seperti itu kalau sifatnya dibasuh ga papa ya.. kembali ke keyakinan kita masing-masing..
      Tapi sekarang juga acne aid bar sudah susah dicari, ga nemu udah 1 tahun lebih.. sekarang beralih ke sabun aloe body shop :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...