SOCIAL MEDIA

search

Sunday, August 9, 2020

Kartu Kredit Bank Mandiri Terbaik Untuk Promo Kuliner

Dulu, begitu resmi bekerja dan mempunyai penghasilan yang stabil, saya pun buru-buru mengajukan aplikasi kartu kredit di Bank Mandiri. Tahun 2009 kala itu, memang belum semarak sekarang penggunaan kartu kredit karena berkembangnya bisnis e-commerce. Tapi, kondisi penempatan di daerah yang cukup terpencil membuat saya lebih akrab dengan pembayaran online, terutama booking tiket.

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa keberadaan kartu kredit membuat kita sulit mengendalikan pengeluaran. Hmm, saya mengerti sih mengapa mereka berpendapat seperti itu, namun saya pribadi merasa dengan adanya kartu kredit justru begitu banyak kemudahan yang kita dapatkan.

Dan setelah selama lebih dari 10 tahun setia dengan kartu kredit, berikut beberapa catatan mengenai kartu kredit ini.


Kartu kredit sudah menjadi tren bagi masyarakat khususnya yang tinggal di perkotaan. Penggunaannya dianggap lebih praktis karena tidak perlu membawa uang (cash) terlalu banyak saat pembayaran. Ada banyak penawaran menarik yang ditawarkan oleh bank penerbit, salah satunya promo kuliner yang ditawarkan oleh Bank Mandiri.

Seperti halnya bank lain, Bank Mandiri juga memberikan limit/batas untuk penggunaan kartu kredit. Limit ini telah diperhitungkan dan disesuaikan dengan penghasilan (omset) Anda perbulannya. Untuk itu apabila Anda menggunakannya melebihi limit pemakaiannya, maka secara otomatis sistem mesin penggesek akan menolak pembayaran.

DEFINISI DAN FUNGSI KARTU KREDIT

Banyaknya bank di Indonesia secara langsung berdampak semakin ketatnya persaingan di kalangan bisnis perbankan. Oleh sebab itu, setiap bank dituntut memberikan pelayanan maksimal untuk nasabah-nasabahnya. Salah satu pelayanan yang diwujud nyatakan adalah penerbitan kartu kredit untuk kemudahan bertransaksi.

Secara umum kartu kredit dapat diartikan sebagai alat pembayaran yang sah berupa kartu yang dapat digunakan untuk membayar barang atau jasa tanpa pembayaran tunai (hutang). Umumnya spesifikasi kartu kredit harus memenuhi standar ISO 7810 dengan ukuran dan bentuk yang sama untuk semua jenis.

Bank penerbit akan menentukan batas dana/limit pada setiap kartu kredit. Namun demikian, pemegang kartu dapat menggunakannya sebagai alat pembayaran bahkan penarikan tunai pada mesin ATM sesuai ketetapan yang disetujui dengan pihak bank.

Setelah mengetahui definisi kartu kredit, selanjutnya kami memberikan penjelasan tentang fungsinya yakni sebagai berikut :

Dana Oportunity (Kesempatan)

Apabila Anda hendak memutuskan untuk berbisnis atau investasi akan tetapi terkendala oleh kurangnya modal, maka Anda dapat memanfaatkan kesempatan melalui penggunaan kartu kredit.

Dana Emergency (Darurat)

Keadaan darurat merupakan keadaan yang tidak direncanakan sebelumnya, yang peristiwanya terjadi secara tiba-tiba. Salah satu contohnya seperti saat Anda didiagnosis menderita penyakit kronis, dan dokter menyarankan agar segera dilakukan tindakan operasi. Dalam keadaan darurat inilah Anda dapat memanfaatkan penggunaan kartu kredit.

Mengumpulkan Seluruh Pengeluaran ke Dalam Satu Tagihan

Pengeluaran rutin seperti tagihan air, listrik, telepon dan lain-lain dapat dikelola menjadi satu tagihan pada kartu kredit Anda. Selain pengaturan pengeluaran lebih efisien, melalui fasilitas ini tentu Anda akan terhindar dari lupa bayar atau telat bayar tagihan.

Pengelola Keuangan

Seluruh jenis pengeluaran baik rutin maupun tidak, dapat dikelola dengan baik melalui penggunaan kartu kredit.

Layanan Asuransi

Bagi Anda yang tidak ingin repot membawa banyak kartu, Anda dapat menggunakan kartu kredit yang dilengkapi dengan pelayanan asuransi. Hanya jenis kartu tertentu yang memberikan fasilitas asuransi sekaligus seperti asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, maupun kerusakan pada barang yang telah dibeli melalui pembayaran kredit.


MANFAAT KARTU KREDIT

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja manfaat yang diberikan oleh bank penerbit. Simak ulasan kami di bawah ini.

Tarik Tunai

Selain kartu debit, ternyata kartu kredit juga menawarkan fasilitas yang sama dalam hal penarikan tunai. Akan tetapi, penarikan tunai melalui kartu ini dikenakan biaya tambahan sekaligus bunga harian yang jauh lebih banyak dibandingkan kartu debit. Oleh sebab itu, Anda dapat mempertimbangkan keputusan sebelum tarik tunai.

Balance Transfer

Beberapa bank menawarkan fasilitas balance transfer yaitu memindahkan tagihan dari kartu lama (kurang lebih 80 persen dari tagihan total) ke dalam kartu baru. Fasilitas ini dianggap lebih menguntungkan karena cicilan yang lebih mudah serta bunga lebih kecil. Dengan keputusan ini, Anda dapat menghentikan transaksi pemakaian kartu kredit lama dan menutupnya.

Rewards Point

Sebagai salah satu daya tarik, bank penerbit akan memberikan rewards (bonus) dalam bentuk cashback maupun point. Bonus tersebut didapat dengan cara belanja/transaksi lainnya dengan menggunakan kartu kredit. Anda tentu dapat manfaatkan poin yang terkumpul untuk kepentingan lainnya.

Cicilan 0%

Manfaat kartu kredit yang paling populer adalah fasilitas cicilan 0% yang ditawarkan oleh bank penerbit. Dengan cicilan 0% Anda dapat membayar cicilan tanpa dikenakan bunga dalam periode waktu yang ditentukan. Akan tetapi, sebaiknya penawaran ini harus disesuaikan dengan pemasukan Anda tiap bulannya agar tidak terjadi gagal bayar.

Transaksi dengan Mata Uang Asing

Anda tidak perlu khawatir saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Segala transaksi dalam jenis mata uang asing, dapat dilakukan melalui pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Sejumlah pengeluaran Anda dalam mata uang asing nantinya aka dikonversi ke dalam rupiah dan lalu kemudian dimasukkan pengeluaran.



APA SAJA PROMO KULINER DARI KARTU KREDIT BANK MANDIRI?

Salah satu promo yang sering ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit adalah promo kuliner/restoran. Dengan menggunakan promo dining/restoran maka Anda dapat makan dan minum meski tidak membawa uang tunai. Promo ini juga dapat dinikmati oleh pemegang kartu jenis lain namun dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku.

Bagi Anda pemegang kartu kredit Mandiri, Anda sangat beruntung karena ada banyak restoran yang menyediakan promo untuk Anda. Berikut penawaran menarik dari Bank Mandiri :

☝ Sushi Tei

☝ Kintan Buffet

☝ Fish & Co

☝ Pancious

☝ Bisa Group

☝ Shaburi

☝ Dan lain-lain.

Sebelum Anda menggunakan promo kuliner/dining, sebaiknya perhatikanlah masa berlaku promo serta lokasi restoran yang sedang dalam masa promo. Selain itu jangan lupa untuk melihat ketentuan yang berlaku sebelum melakukan pemesanan. Semoga informasi kami bermanfaat.

Cekaja.com merupakan platform finansial di Indonesia yang memberikan informasi dan layanan terbaru salah satunya tentang kartu kredit melalui link ini https://www.cekaja.com/kartu-kredit/ dengan tujuan membantu Anda memilih produk finansial yang menguntungkan.

***

Demikian, semoga bermanfaat ya...

1 comment :

Hai! Terima-kasih sudah membaca..
Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan disini atau silakan DM IG @nianastiningrum for fastest response ya ;)