SOCIAL MEDIA

search

Sunday, August 9, 2020

Persiapan Mendaftar Asuransi Mobil Murah

Asuransi mobil penting ga sih?

Hmm, jawabannya tergantung masing-masing orang sih. Saya pribadi pun pernah merasakan menggunakan mobil dengan asuransi dan tanpa asuransi.

Memiliki mobil berarti berkomitmen untuk merawat dan menjaga performanya dalam waktu lama. Ya, mobil merupakan investasi bergerak yang bukan hanya sebagai tanda kemewahan, tapi juga instrumen yang membantu Anda berbisnis maupun bepergian untuk menjalankan kegiatan Anda. Salah satu bentuk komitmen jangka panjang tersebut adalah memiliki asuransi mobil.


Baik membeli mobil bekas atau pun mobil baru, Anda perlu mengetahui beberapa hal agar pengalaman berkendara Anda semakin nyaman. Selain kondisi kendaraan dan juga lokasi servis suku cadang terdekat, Anda harus mengetahui seluk beluk asuransi mobil murah untuk kenyamanan jangka panjang Anda.

MANFAAT ASURANSI MOBIL MURAH UNTUK INVESTASI JANGKA PANJANG

Mungkin Anda belum tahu apa sih manfaat asuransi mobil murah untuk kendaraan Anda. Apalagi dengan membayar biaya premi setiap bulan atau tahunnya. Jika Anda tidak memahami, bisa-bisa Anda kesal karena sudah keluar duit tapi kok nggak ada hasilnya?

Asuransi mobil murah dapat dibilang investasi jangka panjang untuk melindungi kendaraan Anda dari segala musibah yang terjadi di masa depan, khususnya jika hal tersebut bukan diakibatkan kecerobohan Anda.

Jika Anda mengalami tabrakan mulai dari ringan hingga berat atau bahkan kehilangan, asuransi mobil murah bisa menggantinya segera! Tentu setelah Anda mengurus administrasinya dengan baik.

Inilah mengapa asuransi mobil murah menjadi penyelamat di kala Anda membutuhkan bantuan secepatnya. Asuransi merupakan perlindungan masa depan yang ‘menjamin’ kesejahteraan ekonomi Anda.

Bayangkan Anda sudah membayar cicilan mobil secara lunas, namun ternyata 2 hari setelahnya Anda mengalami musibah. Siapa yang tidak marah? Ini artinya Anda harus membayar uang untuk perbaikan!

Di sinilah peran asuransi mobil murah bisa menghindarkan Anda dari berbagai urusan dan kerumitan hingga stres yang seharusnya tidak perlu! Anda bisa mendapatkan layanan servis gratis di bengkel mitra ataupun mendapat uang tunai sebagai bentuk ganti rugi sesuai polis yang disepakati.

PERSIAPAN MENDAFTAR ASURANSI MOBIL MURAH

Jika Anda sudah siap untuk mencoba mendaftar asuransi mobil murah, maka tentu ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan.

☝ Mengetahui Jenis Asuransi Mobil Murah

Sebelum Anda memulai, Anda wajib mengetahui 2 jenis asuransi mobil murah di Indonesia. Yang pertama adalah asuransi All Risk, yaitu melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai kerusakan, mulai dari goresan, penyok, hingga tabrakan. Bahkan beberapa juga menawarkan perlindungan dari kehilangan.

Yang kedua adalah Total Loss Only, yaitu fokus pada perlindungan resiko kehilangan alias pencurian saja. Asuransi mobil murah ini juga bisa menanggung kerusakan, namun dengan syarat bahwa perkiraan biaya perbaikannya sama dengan atau melebihi 75 persen harga kendaraan.

☝ Membandingkan Harga Asuransi Mobil Murah dengan Cekaja.com

Sebagai gambaran umum, harga premi asuransi mobil murah All Risk lebih tinggi dari Total Loss Only. Apalagi adanya loading rate atau biaya tambahan yang semakin mahal seiring semakin tuanya mobil Anda.

Cobalah untuk selalu membandingkan harga premi asuransi mobil murah di Indonesia melalui Cekaja.com. Cukup memasukkan data kendaraan, Anda sudah bisa mendapatkan tabel perbandingan harga-harga premi asuransi mobil murah seluruh Indonesia!

☝ Pastikan Perusahaan Tersebut Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Selesai memilih, Anda juga perlu cross check apakah perusahaan tersebut terdaftar di OJK! Ini sangat penting agar perusahaan tersebut tidak bodong alias palsu, ya!

Anda juga bisa terhindar dari biaya-biaya liar yang di luar kesepakatan atau bahkan melanggar hukum saat meminta klaim pada asuransi mobil murah tersebut.

☝ Menyiapkan Dokumen Pendaftaran

Jika Anda sudah menentukan, maka kini saatnya menyiapkan dokumen-dokumen terkait. Umumnya Anda perlu membawa KTP, STNK, dan formulir asuransi yang disediakan. Beberapa penyedia asuransi mobil murah juga memungkinkan Anda untuk mengunggah secara online.

☝ Tanyakan perluasan dari polis

Polis adalah kesepakatan jaminan mobil Anda. Jika Anda mengambil asuransi mobil murah All Risk, tanyakan apakah mereka bisa memperluas jaminan seperti kerusakan akibat banjir, huru-hara, dan bencana alam lainnya. Maksimalkan penggunaannya, ya!

☝ Bacalah Polis dengan Teliti dan Seksama

Ini hal yang tidak kalah pentingnya. Anda wajib membaca polis dengan seksama agar tidak melewatkan syarat dan prasyarat yang mungkin merugikan atau justru menguntungkan Anda. Selalu beri paraf di setiap paragraf atau poin premi yang tertera. Jangan ragu untuk bertanya, ya!

☝ Sepakati dan Bayar Premi Setiap Waktu yang Ditentukan

Jika Anda sudah merasa pas maka selamat! Anda sudah berhak memiliki asuransi mobil murah pilihan Anda. Jangan lupa untuk membayar premi setiap bulan atau tahun sesuai dengan kesepakatan. Premi yang menunggak menyebabkan asuransi tidak aktif atau lapse.

Itu dia 5 langkah penting agar Anda siap mendaftar asuransi mobil murah. Tentunya jangan sembarangan memilih asuransi mobil murah, ya! Sebagai masyarakat cermat dan hemat, jangan membuang-buang uangmu dengan asuransi yang terlampau mahal. Selalu cek di Cekaja.com agar semuanya pas!

Cekaja.com bisa membantu kamu membuat keputusan finansial terbaik. Kami memiliki database penyedia asuransi mobil murah terbaik yang sudah pasti terdaftar oleh OJK. Anda juga bisa mencari tahu simulasi biaya premi Anda berdasarkan status dan kondisi kendaraan Anda.


Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda. Buat masa depan Anda lebih baik.

3 comments :

Hai! Terima-kasih sudah membaca..
Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan disini atau silakan DM IG @nianastiningrum for fastest response ya ;)