SOCIAL MEDIA

search

Saturday, January 12, 2019

Harapan dan Resolusi di 2019

Baiklah, tentu saja ini sudah pertengahan bulan Januari memang, tepatnya tanggal 12 Januari 2018 saat saya menulis ini. Tapi, rasanya tidak terlalu terlambat lah ya untuk menulis tentang harapan dan resolusi di 2019…

Sebenarnya, saya sih ga rutin menulis resolusi di setiap awal tahun… malahan bisa dibilang ga pernah ya. Soalnya, dulu sih menurut saya tulisan semacam ini, (hanya) layak berada di diary atau buku harian pribadi kita, tidak untuk blog. Lah, siapa lah punya kepentingan untuk baca resolusi saya yang bukan siapa-siapa ini… Hihi 😅

But, then I change my mind… Pertama, karena resolusi tahun 2019 ini berkaitan juga dengan masa depan blog ini. Dan kedua, karena melihat 2018 ini saya benar-benar tidak produktif dalam hal menulis, sehingga saya memutuskan untuk mulai (belajar) menulis apapun lagi, karena saya merindukan nikmatnya menulis tanpa beban sama sekali. 

Yes, itu akan menjadi salah satu resolusi saya di tahun 2019 ini bersama resolusi-resolusi lainnya… Tapi, sebelum saya 'memperkenalkan' resolusi-resolusi ini, saya akan sedikit mereview tahun 2018, yang meskipun berat, tapi sungguh saya syukuri detik ini.

2018 IN REVIEW…


2018 sungguh adalah pergulatan yang berat mengenai dunia kerja bagi saya… 

Diawali dengan sebuah promosi yang akhirnya saya terima dan perjuangkan di awal tahun. Dimana sebenarnya saya yang idealis dan artistik (baca: mencintai kreatifitas dan kebebasan) ini sesungguhnya tidak terlalu merasa cocok dengan dunia birokrasi yang akan lebih berat saat seseorang menduduki jabatan struktural. Tapi, karena mempertimbangkan bahwa posisi ini hanya akan saya jalani selama kurang dari 2 tahun sembari menunggu kenaikan peringkat. Juga kenyataan dimana ada banyak 'tantangan' menuju posisi itu yang justru membuat semangat pemberontak saya menggelegar untuk mengalahkan semua tantangan itu… saya menerima promosi itu. 

Di bulan Mei 2018, usulan promosi pun disetujui dan diproses, sehingga beban kerja saya pun melonjak drastis! Belum adanya legalitas penuh, membuat saya harus  juga mengampu pekerjaan saya sebagai staf, sekaligus tugas-tugas seorang supervisor. Saya harus ikut banyak sekali rapat, terlibat dalam banyak pekerjaan dan kegiatan, serta harus menyelesaikan tugas-tugas saya yang sebenarnya sebelumnya. 

Selanjutnya saya skip aja… Nah, dari bulan Mei hingga Oktober itu kan 6 bulan ya… kemudian saya mendapat info implementasi kebijakan baru dari perusahaan mengenai pernikahan sesama pegawai, yang singkat cerita salah satu dari kami tidak boleh duduk sebagai pejabat struktural dalam satu unit induk yang sama. Jadi, artinya… saya boleh bebas tugas! Yes!

Akhirnya… disini saya bersyukur sih, karena saya bisa keluar dari blunder kerjaan yang aduhai itu ternyata 😅. Dan dari lebih banyak space fisik dan psikologis karena lepasnya tanggung-jawab ini, saya pun mulai berandai-andai… menilik lagi mimpi-mimpi pribadi saya yang pernah tertunda untuk direalisasikan.

YES, 2019 I'M READY…

Woohoo! Jadi, 2019 ini ada banyak sekali hal yang ingin saya capai lakukan, di antaranya:

Belajar menulis lagi! Tahun 2018 postingan di blog ini cuma 10! Hiks 😓.. Sedihnya itu bukan semata karena tulisan di blog sedikit, itu sih ukuran kuantitas saja. Yang paling sedih itu itu, dititik ini, sadar bahwa saya kehilangan nikmatnya menuangkan gejolak pemikiran saya dalam menulis. 'Menulis dengan bebas', mungkin itu kalimat yang tepat, karena di tahun 2018 lalu, menulis itu rasanya seperti diburu waktu, karena ya waktu saya memang sempit sekali.

Jadi, di 2018 ini saya memiliki target untuk bisa menulis di blog minimal 2 kali setiap minggu dengan tema bebas, termasuk tulisan santai seperti ini. Pokoknya saya ingin belajar lagi menulis dengan bebas…

Menekuni bidang wirausaha! Setelah tahun lalu memulai wirausaha dengan Nugget Homemade Idola Mama, tahun ini saya dan suami memiliki proyek baru, yang membutuhkan lebih banyak fokus dan komitmen. So, tahun 2019 ini proyek ini akan jadi salah satu resolusi saya!

Lalu, apa kabar Nugget Homemade Idola Mama-nya? Hmm, masih tetap bisa pesan, tapi sistemnya kembali ke Pre Order saja setiap weekend untuk sementara… 😊

Keluarga dan anak-anak! Setelah 6 bulan rasanya urusan keluarga dan anak-anak ini disisip-sisipkan dalam kesibukan kerja saya, tahun ini saya ingin memberikan mereka porsi yang spesial; porsi waktu, pikiran, dan tenaga yang dialokasikan untuk mereka… bukan sekedar sisa-sisa waktu yang saya miliki setelah banyak hal lain yang harus saya kerjakan.

***

Dah, itu saja resolusi saya di tahun 2019… Cuma tiga ya ternyata, padahal di awal tadi saya bilang banyak, hwahaha 😂. Tapi, dalam bayangan saya, itu memang bakalan jadi banyak kegiatan deh di 2019 ini.

Selain resolusi itu, tentu saja rutinitas kerja masih berjalan seperti sebelumnya, meskipun jujur saja awal tahun ini masih consider untuk mencari waktu di sela kerja yang lebih banyak lagi… Seperti cuti panjang mungkin, semacam unpaid leave gitu…

Hihi, tapi ini masih jauh di angan-angan lah… Masih banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk mengambil keputusan ini… **Nah, kan jadi mikir berat akhirnya..**

Ya sudah, untungnya sih sudah di akhir tulisan jadi kepikiran soal unpaid leave-nya, jadi meskipun mood sudah berubah, ga terlalu ngaruh karena tinggal di kalimat penutup saja kan… hihi 😀

Dan, dengan demikian, saya tutup tulisan berjudul 'Harapan dan Resolusi 2019' ini dengan pertanyaan… Teman-teman juga punya resolusi di tahun 2019 kah? Jika iya, share dong… biar saya tambah semangat juga ;)

With Love,
Nian Astiningrum
-end-

No comments :

Post a Comment